TikTok Tingkatkan Total Dana Hingga Rp29,4 Triliun untuk Menggaji Konten Kreator
Aplikasi TikTok/TECHNOSIGHTZ

News

TikTok Tingkatkan Total Dana Hingga Rp29,4 Triliun untuk Menggaji Konten Kreator

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Setelah mengumumkan rencana akan mempersiapkan dana awal sebesar US$200 juta (sekitar Rp2,9 triliun) guna menggaji konten kreator di Amerika Serikat dalam program Creator Fund, TikTok kini mengungkapkan mereka akan meningkatkan total dana tersebut hingga US$2 miliar atau sekitar Rp29,4 triliun.

Pada postingan blog yang disiarkan tanggal 23 Juli 2020, pada awalnya TikTok akan mulai menyalurkan dana untuk para kreator di Amerika Serikat sebesar US$200 juta pada tahap awal program ini.

Namun menurut General Manager TikTok Amerika Serikat, Vanessa Pappas, pihaknya melihat respon yang luar biasa terkait program Creator Fund sehingga pihaknya akan menyiapkan dana lebih dari US$1 miliar (sekitar Rp14,7 triliun) untuk para kreator di Amerika Serikat dalam waktu tiga tahun ke depan, dan melipatgandakannya secara global.

Selain akan menggaji para konten kreator di Amerika Serikat, TikTok juga berencana menggaji para konten kreator di Inggris dan beberapa negara Eropa tertentu. Dana yang disiapkan pada tahap awal untuk wilayah Eropa sebesar US$70 juta (sekitar Rp1 triliun) pada tahun pertama, dan TikTok berharap bisa meningkatkan dana tersebut hingga US$300 juta (sekitar Rp4,4 triliun) dalam waktu tiga tahun.

Digital Trends melaporkan dana untuk wilayah Eropa sepertinya sudah termasuk dalam total dana sebesar Rp29,4 triliun, namun hal ini masih diklarifikasi lebih lanjut ke pihak TikTok.

Baca juga: Microsoft Tingkatkan Kapasitas OneDrive Menjadi 100GB

"Dalam beberapa pekan ke depan, kami akan membagikan informasi lebih rinci mengenai TikTok Creator Fund untuk wilayah Eropa, dan bagaimana calon talent bisa mengirimkan lamaran dalam program ini," jelas General Manager TikTok Europe, Rich Waterworth.

Adapun jika program ini benar-benar dilaksanakan, maka para konten kreator akan digaji untuk membuat konten video di platform TikTok.

Ikuti kami di