NBA Manfaatkan Microsoft Teams untuk Hadirkan Penonton di Sisi Lapangan
Penggunaan fitur Together Mode Microsoft Teams untuk pertandingan NBA/Microsoft

Teknologi

NBA Manfaatkan Microsoft Teams untuk Hadirkan Penonton di Sisi Lapangan

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Sebagai bentuk upaya menjaga jarak dalam rangka menekan penyebaran COVID-19, Asosiasi Bola Basket Nasional Amerika Serikat (NBA) kini memanfaatkan layanan Microsoft Teams. Layanan Teams digunakan untuk menghadirkan fans bola basket di sisi lapangan.

NBA memanfaatkan fitur Together Mode Microsoft Teams yang belum lama ini diluncurkan. Fitur tersebut dikombinasikan dengan layar LED yang memiliki tinggi sekitar lima meter untuk menghadirkan wajah-wajah para fans.

Layar LED ini mengelilingi arena lapangan, dan reaksi fans bisa langsung terlihat secara real time saat sedang menyaksikan pertandingan. Pemain yang sedang bertanding pun, bisa melihat dan mendengar reaksi dari para fans.

`Bangku` virtual yang mengelilingi area lapangan mampu menampung lebih dari 300 fans yang terlihat duduk berdampingan dengan memanfaatkan fitur Together Mode.

Hal menarik lainnya yang dihadirkan sebagai bagian kesepakatan dengan Microsoft, fans dapat bersorak secara virtual lewat aplikasi NBA. Sorakan virtual tersebut akan tampil di papan video selama pertandingan dalam bentuk animasi. Fans juga bisa melihat live feed pertandingan secara langsung di aplikasi, dan melihat penonton lain yang juga menyaksikan pertandingan tersebut.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Microsoft agar fans NBA bisa bergabung secara virtual ketika musim kembali dilanjutkan. Pengalaman permainan langsung yang unik ini akan membuat para fans mempertahankan rasa kebersamaan mereka saat menonton tim dan pemain favorit mereka," ujar Head of Next Gen Telecast NBA, Sara Zuckert, seperti dilansir situs resmi Microsoft.

Baca juga: Skype Hadirkan Fitur Meet Now, Bisa Video Conference Tanpa Akun

Saluran televisi seperti ESPN dan Turner yang menyiarkan pertandingan NBA, akan ikut menyesuaikan terkait teknis bagaimana mereka merekam pertandingan dan penonton yang hadir secara virtual. Rekaman tersebut nantinya bisa dilihat oleh penonton lain melalui televisi atau perangkat mobile. Musim 2019/2020 NBA yang memanfaatkan Microsoft Teams rencananya akan dilanjutkan pada 30 Juli 2020.

Adapun hal serupa juga akan dilakukan oleh Fox Sports ketika menyiarkan pertandingan Major League Baseball. Fox Sports rencananya akan mengisi kursi kosong penonton dengan fans virtual yang memanfaatkan teknologi CGI serta sorakan imitasi.

Ikuti kami di