Mojang Studios Pindahkan Server Minecraft Realms dari AWS ke Microsoft Azure
Minecraft Realms/IST

Games

Mojang Studios Pindahkan Server Minecraft Realms dari AWS ke Microsoft Azure

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Sejak 2014, Mojang Studios selaku pengembang game Minecraft telah diakuisisi oleh Microsoft. Karenanya, jika tim Mojang menggunakan tool yang dikembangkan oleh Microsoft seperti Teams maupun Office tentu tidak mengherankan.

Namun ternyata, tak semua infrastruktur teknologi yang digunakan Mojang merupakan rakitan Microsoft. Sejak 2014, Mojang masih menggunakan layanan cloud Amazon Web Service (AWS) guna mengembangkan Minecraft Realms. AWS sendiri merupakan produk kompetitor dari Azure yang dikembangkan oleh Microsoft.

Kini, Mojang berencana memindahkan servernya dari AWS ke Azure. "Mojang Studios menggunakan AWS di masa lalu. Namun kami sedang memindahkan semua layanan cloud ke Azure dalam beberapa tahun terakhir. Kami akan berpindah sepenuhnya ke Azure pada akhir tahun," ujar juru bicara Mojang seperti dilansir Engadget.

Minecraft sendiri merupakan salah satu game paling populer saat ini dengan 126 juta pemain aktif per bulan. Layanan Azure sendiri termasuk produk Microsoft yang performanya cukup stabil dalam hal peningkatan bisnis. Pada kuartal dua 2020, Microsoft mengumumkan pendapatan Azure meningkat 27 persen dari tahun ke tahun.

Baca juga: Kaset Game Jadul Super Mario Bros. Terjual Rp1,6 Miliar

Adapun pada Minecraft Realms, pemain memiliki opsi untuk berlangganan Realms Plus guna mendapatkan layanan ruang bermain privat bersama teman-teman. Biaya berlangganan layanan ini sebesar US$7,99 atau sekitar Rp117 ribu.

Ikuti kami di