Google Integrasikan Tiga Layanan Ini di Gmail untuk Pelanggan Bisnis
Logo Gmail/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Google Integrasikan Tiga Layanan Ini di Gmail untuk Pelanggan Bisnis

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Jelang Google Cloud Conference, Google mengumumkan adanya perubahan desain pada layanan Gmail bagi pelanggan G Suite bisnis. Perubahan tersebut membuat tampilan Gmail tak lagi seperti Gmail sebelumnya, lantaran diintegrasikan dengan layanan lain seperti Chat, Rooms, dan Meet.

Integrasi ini disebut Google sebagai integrasi workspace sehingga memudahkan pengguna berpindah dari layanan yang satu ke layanan lainnya. Jika melihat tampilannya, integrasi ini seperti menambahkan box baru di bawah box Mail. Dengan begitu, pengguna bisa lebih cepat berpindah ke layanan lainnya tanpa harus membuka tab baru pada browser jika membukanya lewat desktop.

Google mengatakan integrasi ini memungkinkan pengguna lebih cepat bergabung dalam panggilan video call dari layanan Chat, atau meneruskan (forward) pesan Chat ke inbox, atau membuat task dari pesan Chat.

Baca juga: Pengguna Facebook Bisa Transfer Foto ke Google Photos

Apa yang dilakukan Google lewat integrasi ini sebenarnya hampir serupa dengan yang dilakukan Microsoft ketika memanfaatkan kepopuleran Office 365 untuk menarik pengguna agar turut menggunakan layanan Teams. Dalam hal ini, Google memanfaatkan kepopuleran Gmail dan membenamkan layanan lainnya agar pengguna lebih mudah mencobanya.

Bagi pengguna G Suite yang sering menggunakan tool dari ekosistem Google, tentu integrasi ini akan membuat pengelolaan pekerjaan menjadi lebih mudah.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-