Kaset Game Jadul Super Mario Bros. Terjual Rp1,6 Miliar
Kaset game lawas Super Mario Bros./Twitter

Games

Kaset Game Jadul Super Mario Bros. Terjual Rp1,6 Miliar

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Super Mario Bros. kembali mencetak rekor sebagai game dengan harga jual termahal. Salinan kaset game tersebut yang dirilis pada tahun 1985 untuk versi Amerika Serikat, laku dibeli seharga US$114 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar di Heritage Auctions.

Angka tersebut memecahkan rekor sebelumnya untuk kaset game yang sama, yang terjual senilai US$100.150 atau sekitar Rp1,4 miliar. Lalu, apa yang membuat game versi ini bisa terjual dengan harga yang sangat tinggi?

Faktor pertama, karena kondisinya yang mendapat penilaian 9,4 dari 10. Artinya, kondisi kaset game ini benar-benar hampir tak ada cacat, dan semuanya masih tersegel dalam kemasan aslinya.

Versi ini juga merupakan versi khusus dari edisi ritel untuk pasar Amerika, yang mengalami iterasi dari waktu ke waktu. Faktor berikutnya yang membuat kaset ini menjadi barang langka karena plastik kemasannya hanya diproduksi selama satu tahun. Ada empat varian kemasan plastik yang diproduksi, dan pada kaset ini menggunakan varian 3 Code.

Baca juga: Google Luncurkan Platform Pesaing Pinterest Bernama Keen

Karena hanya diproduksi terbatas dalam kurun waktu tertentu, hal ini juga yang membuat setiap kemasan game Nintendo Entertainment System yang diproduksi pada tahun-tahun awal membawa kesan vintage.

Pihak Heritage juga menjelaskan adanya faktor nostalgia pada nilai game ini. Apalagi Super Mario Bros. merupakan game terlaris di konsol NES sepanjang masa. Seri ini juga merupakan seri pertama dari Super Mario Bros dan menampilkan secara perdana karakter Bowser yang menjadi lawan Mario.

Ikuti kami di