Google gunakan teknologi AR untuk menampilkan dinosaurus/IST

Teknologi

Gunakan Teknologi AR, Pengguna Google Bisa Bermain dengan Dinosaurus

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Tak hanya Niantic yang menerapkan teknologi augmented reality (AR) ketika mengembangkan Pokemon GO. Kali ini, Google juga memanfaatkan teknologi tersebut di kotak pencariannya guna menghadirkan wujud dinosaurus dalam bentuk AR.

Ada sepuluh jenis dinosaurus yang dihadirkan oleh Google mulai dari Tyrannosaurus, Ankylosaurus, Brachiosaurus, hingga Velociraptor. Untuk menggabungkan deretan dinosaurus tersebut dengan dunia nyata, pengguna bisa memulainya dengan membuka situs Google lewat browser smartphone/tablet atau membuka aplikasi Google.

Selanjutnya, ketik nama dinosaurus yang ingin dihadirkan. Misalnya, mengetik `Velociraptor` atau `T.Rex`. Dalam hasil pencarian, ada opsi menghadirkan dinosaurus dalam bentuk 3D. Pilih opsi tersebut. Selanjutnya, pengguna akan mendapat pilihan View in your space. Ketuk pilihan tersebut, dan nantinya pengguna akan diminta untuk memperlihatkan kondisi lantai atau permukaan di sekitarnya.

Jika sudah berhasil, maka dinosaurus akan tampil dalam bentuk AR di smartphone. Pengguna bisa berkreasi dengan dinosaurus ini, seperti mengambil foto atau merekam video.

Baca juga: Melihat Fungsi Fitur Jovi Smart Screen di Vivo Y19

Sebagai catatan, teknologi ini akan otomatis menyesuaikan tinggi dinosaurus dengan lingkungan sekitarnya. Jika menghadirkan Tyrannosaurus di dalam ruangan, maka tingginya akan menyesuaikan dengan tinggi ruangan tersebut.

Adapun saat ini tak semua smartphone atau tablet bisa mendapatkan opsi View in your space ketika ingin mencoba fitur ini di Google. Bagi pengguna Android, perangkat yang digunakan sudah harus mendukung ARCore. Dan bagi pengguna iOS, minimal sudah menggunakan iOS 11 ke atas. Sebagai informasi, sebelum menghadirkan dinosaurus, Google juga sudah menerapkan teknologi AR untuk menampilkan hasil pencarian beberapa jenis hewan seperti kucing, singa, beruang, hingga harimau.

Ikuti kami di