Tujuh Fitur Baru iOS 14 yang Terlihat Familiar bagi Pengguna Android
Apple perkenalkan iOS 14/IST

Teknologi

Tujuh Fitur Baru iOS 14 yang Terlihat Familiar bagi Pengguna Android

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Apple mengumumkan beberapa hal menarik dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020 terkait versi terbaru dari sistem operasi iOS yakni iOS 14.

Ada beberapa fitur baru yang dibenamkan Apple pada iOS 14. Meski begitu, fitur anyar tersebut terasa familiar karena sudah hadir lebih dulu di perangkat Android. Berikut tujuh fitur baru yang dihadirkan Apple pada iOS 14.

Baca juga: Main Game Lebih Lancar, 3 Indonesia Terapkan Teknologi Service Awareness

Translate

Apple memperkenalkan aplikasi Translate yang didesain agar bisa digunakan sebagai penerjemah real time untuk kebutuhan percakapan. Aplikasi ini bisa menerjemahkan sebelas bahasa termasuk bahasa Inggris, Mandarin, Prancis, Jerman, dan Korea. Bagi pengguna Android, aplikasi penerjemah dengan kemampuan seperti ini bukan hal baru karena Google telah memperkenalkan kemampuan serupa di aplikasi Translate miliknya pada Maret 2020. Aplikasi Translate dari Google mampu menerjemahkan delapan bahasa secara real time.

Widgets

Dengan sistem operasi baru, perubahan home screen pada iPhone dan iPad juga mencakup Widgets. Dengan kehadiran Widgets, pengguna bisa melihat informasi seperti laporan cuaca pada layar perangkatnya. Google sendiri sudah menghadirkan fitur serupa bagi pengguna Android sejak tahun 2008.

App Clips

Fitur App Clips memungkinkan pengguna untuk melihat preview sederhana dari sebuah aplikasi tanpa harus mengunduhnya lebih dulu. Karena terhubung dengan Apple Pay, fitur ini akan membantu pengguna untuk melakukan pembayaran, misalnya ketika ingin membeli kopi atau membayar parkir. Google pun sudah memperkenalkan fitur serupa bernama Instant Apps bagi pengguna Android sejak 2016. Instant Apps akan memberikan tautan aplikasi kepada pengguna, sehingga pengguna tak perlu mengunduh sebuah aplikasi secara utuh hanya karena ingin menyelesaikan satu transaksi. Secara sederhana, cara kerjanya sama seperti membeli tiket konser.

App Library

Fitur ini termasuk bagian dari redesain tampilan home screen. App Library memungkinkan pengguna mengatur aplikasi ke dalam kelompok/grup dan daftar aplikasi. Pengguna juga bisa `menyembunyikan` aplikasi dari home screen utama. Fitur ini mirip dengan aplikasi Drawer dari Android, yang minus opsi pengelompokan.

Opsi bersepeda di Apple Maps

Opsi ini tersedia di iOS 14 dan WatchOS7. Kehadiran opsi ini akan membantu pengguna mencari jalur perjalanan untuk sepeda di Apple Maps. Pembaruan fitur di Apple Maps ini terlihat familiar bagi pengguna Google Maps. Google sudah menambahkan opsi untuk transportasi sepeda pada Google Maps sejak 2010.

Picture-in-picture

Fitur ini memungkinkan pengguna menonton video sembari menggunakan aplikasi lain. Ukuran video akan menyusut dan bisa mengambang di manapun di bagian layar. Tampilan video juga bisa dihilangkan, namun audio dari video bisa tetap diputar. Sistem operasi Android sendiri sudah memiliki kemampuan untuk membuat video mengambang ketika pengguna membuka aplikasi lain. Namun jika tampilan video dihilangkan, maka audio video juga akan berhenti berputar.

Wind Down mode

Wind Down mode bertujuan membantu pengguna untuk bersiap-siap tidur. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur waktu tidur dan bangun tidur, dan menyetel smartphone ke mode Do Not Disturb. Ada juga opsi untuk menambah shortcut untuk meditasi atau memainkan musik yang menenangkan. Google tidak memiliki aplikasi terdedikasi untuk fitur seperti ini pada Android. Namun pengguna bisa mengatur rutinitas tidur melalui aplikasi Google Home.

Ikuti kami di