Google Luncurkan Platform Pesaing Pinterest Bernama Keen
Logo Google/IST

Teknologi

Google Luncurkan Platform Pesaing Pinterest Bernama Keen

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Tim Area 120, program uji coba internal milik Google yang membuat aplikasi maupun layanan, telah meluncurkan platform bernama Keen yang bisa diakses lewat situs web maupun aplikasi di perangkat Android.

Platform ini disebut bisa menjadi kompetitor Pinterest lantaran memungkinkan pengguna menyimpan konten yang mereka sukai. Di Pinterest, pengguna bisa menyimpan foto yang mereka sukai atau dirasa menginspirasi dengan memanfaatkan fitur Board.

Pinterest cukup disukai karena bisa menyimpan gambar dengan jumlah tak terbatas di akun pengguna. Bagi yang bekerja di bidang desain, kehadiran Pinterest akan membantu pekerjaan mereka karena tak perlu menyimpan gambar-gambar dari internet secara manual ke penyimpanan internal laptop atau komputer.

Keen mencoba menawarkan fitur serupa dengan ikon berbentuk permata. Pengguna bisa mengetuk ikon permata pada gambar yang disukai untuk menyimpan gambar tersebut di akunnya. Hal yang membedakan dengan Pinterest, Keen memanfaatkan machine learning dari Google untuk menemukan ketertarikan pengguna akan suatu topik berdasarkan pola dan kebiasaan pengguna ketika memakai platform tersebut.

"Keen memungkinkan kamu mengkurasi konten yang kamu sukai, berbagi koleksimu dengan yang lain, dan temukan konten baru berdasarkan apa yang sudah kamu simpan," tulis Co-Founder Keen, CJ Adams.

Baca juga: Microsoft Hadirkan Pembaruan di Menu Guide Xbox One

Jika pengguna belum tahu topik apa yang disukainya, pengguna bisa mencoba menyimpan beberapa gambar atau tautan yang dirasa menarik. Hal ini akan menjadi awal bagi Keen untuk menampilkan konten yang dirasa sesuai dengan preferensi pengguna.

"Beberapa konten ini layaknya benih dan membantu Keen menemukan lebih banyak konten terkait dari waktu ke waktu," jelas Adams.

Ikuti kami di