Panasonic Lumix DC-GH5S/sumber gambar: Digital Trends

Gadget

Cara Menggunakan Kamera Mirrorless Panasonic Sebagai Webcam untuk Video Call

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Bagi yang memiliki kamera mirrorless Panasonic, bisa memanfaatkan kamera tersebut sebagai kamera pengganti webcam laptop melalui kabel USB. Dengan begitu, gambar yang tampil ketika video call atau video conference tentu akan lebih tajam.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Lumix Tether yang memungkinkan pengguna menghubungkan kamera ke laptop atau desktop. Sebelum aplikasi ini diperbarui, tampilan kotak fokus dan beberapa opsi kontrol di layar kamera juga akan tampil di layar laptop.

Namun setelah adanya pembaruan, pengguna bisa menghapus elemen tersebut sehingga tampilan gambar video menjadi lebih bersih. Saat ini, aplikasi tersebut baru tersedia untuk sistem operasi Windows 10. Sedangkan kamera Panasonic yang kompatibel dengan aplikasi ini seperti DC-GH5, DC-GH9, DC-GH5S, DC-S1, DC-S1R, dan DC-S1H.

Cara menggunakan aplikasi ini pun masih sama. Pengguna harus menyambungkan dulu output video dari kamera ke aplikasi seperti Open Broadcaster Software (OBS), baru kemudian diteruskan ke aplikasi video conference.

Baca juga: Pengguna Facebook Bisa Transfer Foto ke Google Photos

Adapun Canon dan Fujifilm juga memiliki aplikasi yang memungkinkan pengguna memanfaatkan kamera mereka sebagai webcam melalui sambungan USB. Meski begitu, aplikasi yang dikembangkan Canon dan Fujifilm bisa langsung menyambungkan output video ke panggilan video ZOom tanpa harus melalui OBS.

Aplikasi dari Canon bisa digunakan untuk sistem operasi Windows dan Mac. Sedangkan aplikasi dari Fujifilm saat ini hanya mendukung sistem operasi Windows.

Ikuti kami di