Flash News: Aplikasi Favorit Pelanggan Telkomsel, JULO Kantungi Izin OJK
BTS XL Axiata/IST

News

Flash News: Aplikasi Favorit Pelanggan Telkomsel, JULO Kantungi Izin OJK

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Memasuki akhir pekan, ada beberapa berita menarik yang terasa sayang jika dilewatkan begitu saja. Karena itu, Technosightz kini menyajikan Flash News yang merupakan kumpulan berita singkat yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut berita pilihan yang terangkum dalam Flash News 25-29 Mei 2020.

Lima aplikasi favorit pelanggan Telkomsel selama Ramadan dan Idul Fitri 2020

Sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri tahun 2020, Telkomsel mencatat adanya peningkatan penggunaan layanan data sebesar 22,8 persen atau hingga 26,7 petabyte.

Telkomsel juga mencatat adanya lima aplikasi yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun 2020.

Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan Telkomsel, dengan proporsi 30,8 persen dari total jenis layanan data yang diakses selama momen tersebut.

Dukung bisnis XL Axiata, Huawei gunakan teknologi ini

Huawei memanfaatkan teknologi big data dan analitik guna mendukung bisnis XL Axiata. Salah satu contohnya adalah penggunaan fitur analitik digitalisasi CWR Smart Insight dari Huawei untuk menganalisis mobilitas pelanggan dan pola perilaku mereka.

Salah satu penerapan langsung dari teknologi tersebut adalah pengiriman notifikasi agar tetap di rumah kepada pelanggan yang sedang ada di jalan atau agar mereka bisa menghindari tempat-tempat yang ramai dan sesak dengan manusia, sehingga mereka terpacu agar sealu patuh menerapkan jaga jarak fisik.

Baca juga: Natsume Janjikan Hal Baru di Harvest Moon: One World

Contoh lain dari pemanfaatan teknologi Huawei digitization planning CWR AI Traffic Forecast adalah melakukan prediksi pertumbuhan traffic dan kemacetan yang lebih presisi, serta mengantisipasi perubahan-perubahan perilaku pengguna.

Sebagai hasilnya, Huawei telah berhasil menghadirkan Customer Experience Service Operation Center (CESOC) seratus persen virtual untuk memonitor jaringan XL Axiata 24x7 dan memperkenalkan Live Monitoring untuk pemantauan langsung zona merah (area dengan risiko infeksi tinggi).

Daftar aplikasi yang mendominasi layanan data 3 Indonesia saat Idul Fitri 2020

Lalu lintas data 3 Indonesia meningkat hingga 57 persen jika dibandingkan dengan hari pertama perayaan Idul Fitri tahun lalu. Peningkatan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Duo.

Sebagai contoh, penggunaan Zoom meningkat hingga 87 persen pada hari pertama Idul Fitri jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya. Selain itu, lalu lintas data untuk penggunaan media sosial Instagram dan TikTok juga melonjak pada hari pertama Idul Fitri 2020.

Untuk layanan SMS dan Voice, 3 Indonesia mencatat adanya penurunan sekitar dua puluh persen (SMS) dan empat puluh persen (voice) jika dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Hal ini dikarenakan pelanggan sudah banyak beralih menggunakan layanan aplikasi video/telekonferensi.

Baca juga: Zoom Akuisisi Keybase Guna Percepat Pengembangan Sistem Keamanan

JULO resmi kantungi izin OJK

Startup fintech peer to peer (P2P) lending, JULO, mengumumkan bahwa mereka kini resmi mengantungi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebelumnya, JULO yang berdiri sejak akhir tahun 2016, berstatus terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dengan peningkatan status menjadi perusahaan yang berizin resmi, JULO akan terus melanjutkan pelayanan dan mengembangkan inovasi untuk seluruh nasabahnya. Dalam siaran persnya, CEO & Co-Founder JULO, Adrianus Hitijahubessy, menyampaikan bahwa pencapaian ini menjadi dorongan semangat yang sangat besar bagi seluruh tim JULO agar semakin giat mewujudkan misi dan visi mereka dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

Ikuti kami di