Permudah Video Kreator Dapatkan Uang, Instagram Uji Coba Fitur Ini
Logo Instagram/sumber gambar: Tech in Asia

Teknologi

Permudah Video Kreator Dapatkan Uang, Instagram Uji Coba Fitur Ini

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Instagram kini tengah menguji coba tool baru yang memungkinkan video kreator untuk melakukan monetisasi. Cara monetisasi tersebut yakni penonton bisa membeli badges selama siaran langsung video.

Badges merupakan tool yang bisa dimanfaatkan penonton untuk memberikan apresiasi lebih kepada kreator. Nantinya akan ada badges `heart` berbeda yang bisa dipilih penonton, mulai dari US$0,99 (sekitar Rp14 ribu) untuk satu `heart`, US$1,99 (sekitar Rp29 ribu) untuk dua `heart`, dan US$4.99 (sekitar Rp73 ribu) untuk tiga `heart`. Penonton nantinya hanya bisa membeli satu badge selama siaran langsung.

Ketika badges sudah dibeli, badges tersebut akan tampil di samping nama pengguna saat siaran langsung. Hal ini akan membantu kreator lebih cepat mengetahui fans mana yang memberikan dukungan lebih pada mereka.

Fitur badges tersebut rencananya akan diuji coba secara terbatas kepada beberapa kreator terpilih di Amerika Serikat. Dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini akan dikembangkan untuk pasar lain seperti Brasil, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Turki, Spanyol, dan Meksiko. Namun tak disebutkan kapan fitur ini akan hadir di Indonesia.

Selama masa uji coba, Instagram tak mengambil profit sharing dari penjualan badges. Namun seperti dilansir TechCrunch, nantinya akan ada potongan beberapa persen meski tak disebutkan berapa persen angkanya.

Baca juga: Myenterprise Telkomsel Tawarkan Layanan Ini untuk Pelanggan Korporasi

Adapun selain menguji coba fitur badges, Instagram juga tengah mengembangkan slot iklan untuk IGTV. Slot iklan ini akan disesuaikan untuk ukuran mobile dengan durasi hingga 15 detik. Instagram juga akan menguji coba fitur untuk melompati iklan di IGTV, guna memastikan kenyamanan semua pihak mulai dari penonton, kreator, dan pengiklan.

Fitur iklan di IGTV akan diuji coba terbatas untuk para kreator di Amerika Serikat, serta beberapa calon pengiklan seperti Sephora dan Puma. Instagram menyatakan setidaknya 55 persen pendapatan dari iklan akan diberikan pada kreator.

Ikuti kami di