Happy Birthday! Game Solitaire Rayakan Ulang Tahun ke-30
Game Solitaire/sumber gambar: The Verge

News

Happy Birthday! Game Solitaire Rayakan Ulang Tahun ke-30

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Pada tanggal 22 Mei 2020, Microsoft Solitaire merayakan hari ulang tahun ke-30. Meski merupakan game sederhana bawaan Windows, Microsoft mencatat pengguna game ini masih cukup banyak yakni 35 juta pengguna per bulan.

Microsoft Solitaire pertama kali hadir di Windows 3.0 pada tahun 1990. Pada awalnya, game ini didesain untuk mengajarkan pada pengguna bagaimana menggunakan mouse. Mengambil kartu virtual dan menempatkannya di tempatnya mengajarkan dasar-dasar drag and drop di Windows, yang mana hal tersebut masih diterapkan di sebagian besar bagian dalam sistem operasi Windows.

Game yang awalnya bernama Windows Solitaire ini termasuk salah satu game yang paling banyak dimainkan di dunia karena selalu menjadi game bawaan dari setiap versi terbaru Windows selama lebih dari dua dekade. Artinya, Microsoft Solitaire telah terpasang di lebih dari miliaran PC, dan statusnya sebagai game bawaan Windows baru terhenti pada 2012 saat meluncurnya Windows 8.

Seperti disebutkan di atas, meski usianya sudah cukup tua, pengguna Solitaire masih cukup banyak di seluruh dunia. Tak heran jika game ini masuk ke jajaran World Video Game Hall of Fame tahun lalu. Microsoft sendiri telah melokalisasi Solitaire ke dalam 65 bahasa, dan baru mendapat pembaruan besar-besaran untuk pertama kalinya pada tahun 2012 sebagai aplikasi mandiri dan bukan lagi aplikasi atau game bawaan Windows.

Baca juga: Begini Cara Mengaktifkan Waiting Room di Platform Zoom

Solitaire versi baru memiliki lima mode permainan, daily challenge, kompetitif event, integrasi dengan Xbox Live, hingga opsi untuk memilih tingkat kesulitan permainan. Pembaruan tersebut akhirnya membawa Solitaire kembali sebagai game bawaan Windows di Windows 10 pada tahun 2015. Saat ini, Solitaire juga tersedia di berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, bahkan bisa dimainkan melalui situs web.

Ikuti kami di