Selama Pandemi COVID-19, Ini Transaksi Terbanyak di Platform DANA
DANA terapkan QRIS/IST

Startup

Selama Pandemi COVID-19, Ini Transaksi Terbanyak di Platform DANA

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Pandemi COVID-19 berdampak pada perubahan trend pengguna di platform DANA. Selain mengalami lonjakan pengguna sebesar 15 persen menjadi empat puluh juta pengguna pada awal Mei 2020, DANA juga mencatat peningkatan transaksi di platformnya.

Menurut Chief Technology Officer DANA, Norman Sasono, peningkatan transaksi itu lantaran satu orang pengguna melakukan lebih banyak transaksi selama pandemi COVID-19. Jenis transaksi yang banyak dilakukan seperti:

• Transfer uang antar pengguna DANA maupun ke rekening bank
• Transaksi pembayaran tagihan seperti membayar listrik, membeli pulsa atau paket data, membayar biaya langganan TV kabel, asuransi, dan BPJS

Jika dijabarkan lebih lanjut, 94 persen dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi DANA berupa transaksi online. Sisanya, berupa transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

"Ketika terjadi pandemi, kami mengembangkan kapabilitas dengan menciptakan solusi-solusi baru yang bermanfaat bagi segenap ekosistem," ujar Norman, Rabu (20/5/2020).

Baca juga: ECS Indo Jaya Resmi Menjadi Distributor Solusi Keamanan Fortinet

Adapun data lainnya yang dipaparkan DANA seperti transaksi belanja yang turut merata hingga ke pelaku UMKM dan tak terbatas pada merchant besar saja. Transaksi paling banyak untuk UMKM antara lain pembelian makanan dan minuman di restoran, pembelian sembako di warung-warung atau pun mini market sekitar rumah, tempat layanan telekomunikasi, serta toko-toko baju dan aksesoris.

Ikuti kami di