Pastikan Keaslian Profil, Tinder Tambahkan Fitur Verifikasi Foto
Logo Tinder/sumber gambar: builtinla.com

Teknologi

Pastikan Keaslian Profil, Tinder Tambahkan Fitur Verifikasi Foto

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Pengguna Tinder di Indonesia sekarang dapat menggunakan fitur keamanan terbaru yaitu verifikasi foto dengan melakukan selfie.

Fitur baru ini menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang dapat membandingkan pose foto yang diambil langsung dengan foto yang ada di profil setiap pengguna. Profil yang terverifikasi akan dilengkapi dengan simbol centang biru sehingga pengguna bisa mempercayai keaslian profil tersebut.

Pihak Tinder menjelaskan fitur ini bertujuan meningkatkan keamanan para pengguna yang ingin memastikan keaslian profil dan meningkatkan kepercayaan terhadap profil pengguna Tinder.

"Setiap hari, jutaan pengguna Tinder memberi kepercayaan kepada kami untuk mempertemukan mereka dengan orang baru. Merupakan dedikasi kami untuk membuat fitur keamanan yang inovatif dengan menggunakan teknologi terbaik di kelasnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna Tinder saat ini," ujar CEO of Tinder, Elie Seidman, Selasa (19/5/2020).

Pihak Tinder sangat menganjurkan kepada anggotanya untuk melakukan verifikasi foto. Alasannya, jika match pengguna memiliki profil yang sudah diverifikasi, maka pengguna akan tahu kalau profil dari match mereka adalah benar-benar orang yang sama dengan yang ada di profil. Sehingga pengalaman berkenalan dan bertemu dengan orang-orang baru akan lebih aman dan nyaman.

Baca juga: YouTube Kembangkan Aplikasi Pesaing TikTok Bernama Shorts

Lalu, apakah ada sanksi atau konsekuensi tertentu jika ada pengguna Tinder yang tak melakukan verifikasi foto? Kepada Technosightz, pihak Tinder menyatakan tidak ada sanksi tertentu terhadap pengguna Tinder yang tidak melakukan verifikasi foto. Namun Tinder tetap mengimbau para pengguna platformnya agar melakukan verifikasi profil sehingga antar pengguna sama-sama merasa aman dan nyaman ketika menggunakan Tinder.

Bagi pengguna yang ingin melakukan verifikasi foto, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Tinder dan ketuk gambar profil
2. Ketuk tanda centang abu-abu di bagian nama/usia
3. Pilih `verifikasi profil Anda` untuk memulai
4. Pengguna akan melihat sebuah pose dan akan diminta untuk meniru pose tersebut melalui foto selfie
5. Konfirmasi foto selfie jika sudah sesuai dengan pose tersebut, lalu pilih `kirim untuk ditinjau`
6. Ulangi langkah nomor 4 dan 5 sekali lagi

Ikuti kami di