Tingkatkan Fitur Keamanan, Zoom Luncurkan Versi 5.0
Zoom/sumber gambar: builtincolorado.com

Teknologi

Tingkatkan Fitur Keamanan, Zoom Luncurkan Versi 5.0

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Zoom Video Communications, Inc. mengumumkan telah meluncurkan Zoom versi 5.0 yang disertai peningkatan keamanan. Dengan penambahan enkripsi ACM 256-bit GCM, Zoom meningkatkan perlindungan ketika pengguna melakukan video conference dan ketahanan terhadap gangguan.

Tujuan penggunaan enkripsi ACM 256-bit GCM pada Zoom versi terbaru ini yakni guna memberikan jaminan kerahasiaan pada sesi meeting Zoom, Zoom Video Webinar, dan data telepon Zoom. Admin akun juga dapat memilih pusat data mana yang digunakan saat rapat dan saat webinar berlangsung untuk mengetahui lalu lintas real time di tingkat akun, grup, atau pengguna dengan memanfaatkan kontrol routing data.

Pembaruan ini turut memungkinkan host melaporkan pengguna lainnya dengan memanfaatkan ikon keamanan. Host juga dapat menonaktifkan fitur bagi peserta untuk mengubah nama atau identitas mereka di dalam sesi virtual meeting. Untuk pelanggan sektor pendidikan, berbagi layar sekarang hanya diperbolehkan untuk host.

Peningkatan keamanan juga dihadirkan dengan pengaturan otomatis password. Fitur password yang sekarang aktif secara default untuk sebagian besar pelanggan, termasuk semua pelanggan Basic, lisensi tunggal, dan K-12.

Untuk akun yang dikelola, admin akun sekarang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan kompleksitas kata sandi (seperti panjang, alfanumerik, dan persyaratan karakter khusus). Selain itu, admin Zoom untuk Telepon sekarang dapat menyesuaikan panjang pin yang diperlukan untuk mengakses voicemail. 

Peningkatan lainnya yakni passwords sekarang ditetapkan secara otomatis untuk semua yang mengakses rekaman cloud selain dari host meeting virtual. Untuk mengaksesnya juga membutuhkan kata sandi yang kompleks. Untuk akun yang dikelola, admin akun sekarang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan kompleksitas kata sandi.

Baca juga: Microsoft Berikan Fitur Transfer File Eksklusif untuk Samsung

"Dari jaringan sampai fitur yang kami setel, hingga pengalaman pengguna kami, semuanya dilakukan melalui pengawasan ketat. Di bagian back end, enkripsi AES 256-bit GCM akan meningkatkan standar untuk mengamankan data pengguna kami dalam prosesnya. Di front end, saya paling suka dengan ikon Keamanan di bagian menu meeting. Ini menggabungkan fitur keamanan kami yang sudah ada dan yang baru, dan menjadikan fokus utama kemanan bagi pengguna sebagai host," jelas Chief Product Officer Zoom, Oded Gal, dalam siaran persnya.

Adapun selain pembaruan di atas, pembaruan lain yang hadir dalam versi ini yakni:

• Pengguna sekarang dapat memilih untuk membuat notifikasi Obrolan Zoom mereka tidak menunjukkan potongan obrolan di layar
• Meeting virtual tanpa menggunakan ID meeting pribadi sekarang memiliki 11 digit ID untuk menambah kerumitan
• Selama meeting virtual, ID dan opsi Undangan telah dipindahkan dari antarmuka Zoom utama ke menu peserta meeting, sehingga tidak mudah bagi pengguna secara tidak sengaja membocorkan ID meeting virtual mereka.

Ikuti kami di