Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik Seharga Rp3 Jutaan
Vivo V15//IST

Gadget

Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik Seharga Rp3 Jutaan

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Mengabadikan sebuah gambar dalam bentuk foto berkualitas kini makin mudah mengingat berbagai produsen menawarkan smartphone dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Meski begitu, mencari smartphone dengan kamera terbaik yang pas di kantong akan cukup memusingkan jika tak mengikuti perkembangan informasinya.

Bagi kamu yang memiliki bujet Rp3 jutaan, ada beberapa rekomendasi smartphone dengan kamera terbaik yang bisa dipilih. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut beberapa rekomendasinya.

Redmi Note 8 Pro

Smartphone Xiaomi ini dilengkapi empat kamera belakang yang meliputi kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan 2MP depth sensor. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 20MP. Dengan kamera tersebut, Redmi Note 8 Pro mampu merekam video HD dan Full HD dengan resolusi 4K (30fps) baik menggunakan kamera depan atau kamera belakang. Beberapa fitur yang melengkapi kamera ini adalah fitur slow-mo dengan dua pilihan kecepatan 120 fps dan 240 fps, time lapse dengan interval waktu 0,3 detik hingga 60 detik, panorama, dan mode potrait untuk hasil foto bokeh.

Kamera Redmi Note 8 Pro juga dibekali teknologi artificial intelligence (AI) yang mampu menyesuaikan performa kamera dengan objek yang ingin difoto atau direkam. Adanya pilihan filter juga dapat membuat hasil tangkapan lebih bagus lagi, yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Jika ingin memotret dalam kondisi minim cahaya, pengguna akan terbantu dengan kehadiran fitur Night Mode. Selain itu, hasil foto Redmi Note 8 Pro yang cukup mumpuni juga tak lepas dari penggunaan teknologi pixel binning yang mampu menangkap banyak cahaya dan mengurangi noise. Untuk harganya, Redmi Note 8 Pro dibanderol mulai dari Rp2,99 juta untuk varian 6GB+64GB dan Rp3,399 juta untuk varian 6GB+128GB.

Realme 5 Pro

Sama seperti Redmi Note 8 Pro, Realme 5 Pro dilengkapi dengan empat kamera yakni kamera utama 48MP, 8MP kamera ultra wide angle, 2MP kamera makro, dan 2MP depth sensor. Sedangkan kamera depannya beresolusi 16MP. Untuk merekam video, Realme mengklaim mampu merekam hingga resolusi 2160p dengan kamera belakang dan hingga 1080p untuk kamera depan.

Realme 5 Pro memiliki fitur kamera dan teknologi yang mirip dengan Redmi Note 8 Pro, seperti pixel binning, night scape, panorama, AI beauty selfie, potrait, dan berbagai pilihan filter. Dari segi pengambilan gambar, Realme 5 Pro memiliki hasil foto dengan warna yang lebih atraktif. Terutama pada malam hari dengan mengaktifkan mode Night Scape dan satu mode yang menjadi andalan Realme 5 Pro yaitu Chromaboost.

Chromaboost sendiri digunakan agar kamera dapat mengenali informasi objek yang ingin ditangkap, menyesuaikan keperluan saturasi, cahaya, kontras, dan lainnya. Smartphone ini jauh lebih mengesankan ketika mengambil video, terutama dengan kamera depannya karena hasilnya lumayan tajam dan tidak pecah. Adanya teknologi AI juga menunjang pengambilan video dan foto agar lebih stabil dan tidak banyak noise. Sehingga smartphone ini cocok untuk pengguna yang senang membuat vlog.

Bagi calon konsumen yang tertarik, Realme 5 Pro dibanderol Rp3 jutaan dan tersedia dalam varian 4GB+128GB dan 8GB+128GB.

Samsung Galaxy A30s

Samsung A30s tidak menawarkan kamera dengan resolusi besar seperti kompetitor di kelasnya. Namun performa kamera yang ditawarkan cukup baik. Samsung A30s dilengkapi kamera utama 25MP, ultrawide 8MP, 5MP depth, dan kamera depan 16MP. Baik kamera utama dan kamera depan mampu merekam video hingga 1080p dengan 30fps.

Karena dibekali kamera depth 5MP, Samsung A30s lebih bagus dalam urusan mengambil gambar dan video objek berjarak dekat. Tanpa fitur Live Focus yang dikhususkan untuk foto bokeh pun hasilnya sudah bagus dan hampir setara dengan kedua smartphone di atas. Jika ingin menambahnya dengan fitur Live Focus, akan jauh lebih bagus lagi hasilnya. Fitur bokeh kamera Samsung memang terkenal dengan separasinya yang sangat rapi, terutama jika menggunakan kamera belakang.

Selain itu, kamera A30s sudah dilengkapi dengan Scene Optimizer seperti kamera S10 yang mampu membuat warna hasil tangkapan lebih atraktif. Fitur-fitur umum lain seperti night mode, panorama, dan filter kamera juga turut disematkan pada A30s. Konsumen yang tertarik bisa membawa pulang Samsung A30s dengan merogoh kocek Rp3,2 jutaan. Sebagai catatan, smartphone ini hanya tersedia dalam satu varian di Indonesia yakni 4GB+64GB. 

Oppo K3

Meskipun resolusi kamera yang ditawarkan cukup rendah, tapi kualitas dari tangkapan foto dan video kamera Oppo K3 juga tidak kalah bagus dengan kompetitornya. Oppo K3 hanya menyediakan dua kamera belakang dengan kamera utama 16MP dan kamera depth 2MP. Oppo K3 menjadi salah satu smartphone yang menawarkan kamera depan kekinian dengan model pop-up beresolusi 16MP seperti kamera utamanya.

Dilihat dari segi pengambilan gambar, kamera depannya memang sama bagusnya dengan kamera belakang. Hasilnya cukup tajam dan warnanya seimbang. Hal ini disebabkan oleh AI scene recognition yang mampu menyesuaikan performa kamera dengan objek yang hendak ditangkap.

Teknologi AI ini juga disertakan untuk kamera selfie agar wajah pengguna menjadi lebih mulus, namun tetap tajam. Oppo K3 juga memiliki fitur OPPO potrait mode 2.0 dan ultra-night mode 2.0 dengan face protection yang mampu membuat hasil foto terlihat natural meski diambil dalam keadaan yang minim cahaya. Oppo K3 hanya ditawarkan dalam satu varian di Indonesia yakni 6GB+64GB. Konsumen yang tertarik bisa memboyongnya seharga Rp3,5 jutaan.

Vivo V15

Vivo V15 menggunakan kamera utama 12MP, 8MP wide angle, 5MP kamera depth, dan kamera depan 32MP yang juga menggunakan teknologi pop-up seperti Oppo K3.

Jika melihat spesifikasinya di atas kertas, kamera Vivo V15 mungkin terkesan biasa saja jika dibandingan smartphone Rp3 jutaan lainnya. Namun ketiga kamera belakang tersebut sudah dibekali dengan teknologi AI yang dapat beradaptasi dengan suasana dan kondisi objek.

Modal 16MP untuk kamera utama Vivo V15 pun cukup mengesankan, karena fokusnya tajam dan tidak pecah meskipun diperbesar berkali-kali. Mirip dengan Samsung A30s, kamera Vivo V15 sangat bagus untuk menangkap foto objek dengan jarak dekat tanpa harus menggunakan fitur bokeh. Kalaupun ingin menggunakan fitur bokeh, separasinya sudah cukup rapi.
Berfoto dalam kondisi minim cahaya juga tidak menjadi masalah, karena kamera Vivo V15 juga dilengkapi dengan Night Mode berteknologi AI yang dapat mengoptimalkan hasil foto dan video.

Kamera Vivo V15 cocok bagi pengguna yang senang berkreasi fotografi dengan filter seperti light effect untuk memberikan efek cahaya pada foto, tetapi tetap terlihat natural dan tidak berlebihan. Lensa wide angle kamera smartphone ini juga cukup luas, sehingga pengguna dapat menangkap lebih banyak objek dalam satu frame. Performanya dalam merekam video juga cukup oke karena mendukung pengambilan video dengan resolusi 1080p.

Adapun varian terendah smartphone ini dibanderol Rp3,5 jutaan untuk varian 6GB+64GB dan Rp4 jutaan untuk varian 6GB+128GB.

Ikuti kami di