Tertarik Beli Nintendo Switch? Kenali Dulu Jenis dan Spesifikasinya
Nintendo Switch/IST

Gadget

Tertarik Beli Nintendo Switch? Kenali Dulu Jenis dan Spesifikasinya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Dari sekian konsol game portable, Nintendo Switch termasuk yang layak dipertimbangkan. Meski begitu, sama seperti Xbox maupun PlayStation, Nintendo Switch juga terbagi dalam beberapa pilihan.

Nintendo Switch dengan JoyCon

Switch tipe ini mungkin lebih sering ditemukan di toko-toko game dan menjadi ikon Nintendo Switch. Jika membeli tipe ini, pengguna akan mendapatkan satu layar konsol, satu dock, sepasang JoyCon yang biasanya berwarna neon biru dan neon merah beserta wrist strapsa, satu JoyCon Grip, satu kabel HDMI, dan satu kabel Adapter.

Dengan tipe ini, pengguna dapat memainkan game single player dan membiarkan JoyCon terpasang pada kedua sisi layar konsol, atau melepas sepasang JoyCon dan mengaitkannya pada wrist straps untuk multiplayer. Jika menggunakan layar konsol tidak begitu memuaskan, pengguna juga dapat menghubungkan konsol ke layar TV dengan bantuan dock dan memasang kedua JoyCon pada JoyCon Grip sebagai pengendalinya.

Dock merupakan perangkat yang membuat Nintendo Switch menarik. Perangkatnya kecil, namun multifungsi dan tidak menyita banyak ruang. Perangkat ini juga cocok bagi pengguna yang memiliki banyak televisi di rumahnya. Tidak perlu repot-repot membeli satu paket Switch baru, pengguna cukup membeli dock saja dan menghubungkan ke TV dengan menggunakan kabel HDMI. Selain itu, dock ini juga digunakan untuk mengisi ulang daya konsol.

Nintendo tipe ini umumnya tersedia atas dua pilihan warna, biru merah dan abu-abu. Tetapi terkadang, Nintendo mengeluarkan edisi spesial dengan warna JoyCon dan desain dock yang berbeda. Misalnya edisi Pikachu, Disney Tsum Tsum, atau Animal Crossing. Harga satu paket untuk varian biasa dibanderol sekitar Rp5 jutaan hingga Rp7 jutaan. Sementara untuk paket dengan edisi spesial biasanya variatif, namun lebih mahal.

Baca juga: Empat Aplikasi Gratis untuk Bekerja dari Rumah

Nintendo Switch Lite

Switch tipe ini menawarkan desain dan fitur yang lebih sederhana dan merupakan tipe konsol seperti PSP. Jadi, JoyCon Switch Lite sudah terintegrasi dengan layar konsol, tidak dapat dilepaskan. Switch Lite juga tidak mendapat perangkat dock untuk menyambungkan game ke TV.

Pengguna dapat dengan mudah membedakan Switch original dengan Switch Lite melalui warnanya. Switch Lite memiliki warna yang terang, kuning, biru, dan abu-abu. Switch Lite dibanderol Rp3 jutaan hingga Rp4 jutaan. Banyak penjual yang kini telah memaketkan harga tersebut dengan beberapa game didalamnya, atau yang biasa disebut dengan bundle.

Selain paket konsol, Nintendo juga menawarkan aksesoris terpisah seperti JoyCon, JoyCon Grip, Dock, Pouch, Hardcase, kartu memori, kabel-kabel, dan baterai.

Ikuti kami di