Lima Perbedaan Tantan dan Tinder Ketika Mencari Teman Online
Ilustrasi aplikasi pencarian teman online/sumber gambar: TechCrunch

Teknologi

Lima Perbedaan Tantan dan Tinder Ketika Mencari Teman Online

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Bagi mereka yang ingin menambah pertemanan, aplikasi pencarian teman online seperti Tinder atau Tantan bisa menjadi pilihan. Meski kedua aplikasi ini menawarkan layanan yang hampir serupa, tetap ada perbedaan antara Tinder dan Tantan bila dicermati lebih lanjut.

Pencarian teman baru menggunakan Tinder maupun Tantan sama-sama menggunakan cara swipe (geser) setiap profile pengguna yang muncul di layar ponsel. Geser ke kiri jika tidak suka dan geser ke kanan jika menyukai orang tersebut.

Dilihat dari layanannya, kedua aplikasi ini juga sama-sama berbayar untuk menikmati fitur-fitur tertentu, seperti melihat profil pengguna lain yang menyukai profil pengguna. Dengan berlangganan, pengguna juga dapat lebih mudah menemukan teman yang cocok.

Meski begitu, perbedaan pertama antara kedua aplikasi in terlihat dari layanan berbayarnya. Tinder menyediakan fitur Boost, yang mana fitur serupa tak ditemukan di Tantan. Melalui fitur ini, profil pengguna dapat muncul lebih banyak di akun pengguna lain yang memiliki potensi match lebih tinggi. Sebenarnya, fitur Boost dapat digunakan secara gratis, tetapi hanya sebulan sekali dengan durasi tiga puluh menit.

Perbedaan kedua terlihat dari opsi yang diberika ketika pengguna ingin melihat foto pengguna lain. Aplikasi Tantan mengharuskan pengguna untuk lebih dulu membuka profil pengguna lain agar bisa melihat foto-fotonya yang lain. Sementara pada aplikasi Tinder, pengguna dapat langsung tap bagian foto untuk melihat-lihat foto lainnya.

Perbedaan ketiga terlihat pada pilihan opsi yang diberikan untuk melengkapi profil pengguna. Aplikasi Tantan menyediakan beberapa jenis ketertarikan (interest) yang dapat dilengkapi pengguna dalam bentuk form seperti hobi, lagu, makanan, acara TV, film, hingga olahraga favorit. Namun, seluruh kolom isian tersebut tidak harus diisi.

Sementara aplikasi Tinder tidak menyediakan fasilitas tersebut. Jika ingin memaparkan ketertarikan akan sesuatu, pengguna Tinder hanya dapat memanfaatkan fitur About Me yang dibatasi sebanyak lima ratus kata saja.

Perbedaan keempat yakni kehadiran fitur Moments. Tantan menyediakan fitur Moments agar pengguna dapat mengunggah status layaknya di Facebook dan saling lempar komentar dengan pengguna lain. Sedangkan Tinder tidak menyediakan fitur serupa di aplikasinya.

Perbedaan kelima yakni kerja sama pihak aplikasi dengan pihak ketiga. Tinder telah bekerja sama dengan bitmoji untuk menyediakan stiker pada ruang obrolan. Stiker tersebut juga dapat dikustomisasi oleh pengguna dan ada opsi versi GIF. Sementara Tantan hanya menyediakan stiker default dan tidak dapat bergerak.

Baca juga: Kulkas Samsung Family Hub Kini Bisa Rekomendasikan Resep Makanan

Meskipun aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mencari teman dengan ketertarikan yang sama, tetapi ada baiknya jika pengguna tetap memperhatikan keamanan untuk diri sendiri dengan membatasi penyebaran informasi pribadi dan berhati-hati dengan orang yang dipilih. karena bagaimanapun juga mereka adalah orang yang mungkin baru saja dikenal.

Ikuti kami di