Efek Physical Distancing, Niantic Modifikasi Pokemon GO
Pokemon GO/IST

News

Efek Physical Distancing, Niantic Modifikasi Pokemon GO

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pokemon GO merupakan game berbasis augmented reality (AR) dan lokasi yang mengharuskan pengguna berjalan-jalan menyusuri berbagai tempat. Namun pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai negara membuat Niantic selaku pengembang game tersebut melakukan modifikasi agar Pokemon GO bisa dimainkan di dalam rumah.

Hal ini tentu menjadi tugas besar bagi Niantic mengingat dua game lain buatannya juga memiliki sistem permainan yang sama dengan Pokémon GO yakni Ingress Prime dan Harry Potter: Wizard Unite.

Niantic pun menyatakan bahwa perusahaannya memang dibangun untuk mengembangkan game-game yang mendorong pemainnya untuk beraktivitas di luar ruangan dan bersosialisasi dengan pemain lainnya. Meski begitu, Niantic yakin bahwa ada solusi yang bisa diterapkan pada game-game besutannya.

"Kami selalu percaya bahwa permainan kami dapat memasukkan unsur-unsur permainan dalam ruangan yang melengkapi kegiatan di luar ruangan, berolahraga, dan mengeksplorasi DNA dari permainan kami. Sekarang adalah saatnya bagi kami untuk memprioritaskan pekerjaan ini, dengan tantangan utama membuat bermain di dalam rumah sama menarik dan inovatifnya dengan permainan luar ruangan," jelas John Hanke selaku CEO Niantic.

Fitur-fitur sosial, advanture sync, live events seperti Pokémon GO Fest, dan sistem eksplorasi diketahui akan mengalami perubahan yang masing-masing dari mereka akan disesuaikan dengan kegiatan di dalam ruangan. Niantic belum memberikan info secara detail mengenai perubahan ini, namun pembaruannya dikabarkan akan muncul dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: Bersaing dengan Spotify dan Joox, ByteDance Hadirkan Aplikasi Resso

Untuk Pokémon Go, Niantic baru saja meluncurkan Go Battle League yang dapat dimainkan dari mana saja, termasuk di rumah. "Kami mengurangi persyaratan berjalan untuk Go Battle League dari tiga kilometer menjadi nol dan memperkenalkan Incense dan Poké Balls yang didiskon sangat banyak sehingga orang dapat menangkap Pokemon tanpa bepergian jauh," ujar Hanke.

Sama halnya untuk Harry Potter: Wizards Unite, Niantic telah meningkatkan jumlah konten yang tersedia di map, tepatnya diatur agar dapat ditemukan dekat dengan pengguna. Sementara untuk Ingress Portal, Niantic mengurangi kebutuhan pemain untuk berinteraksi dengan banyak Portal, yang pastinya harus dilakukan di luar ruangan.

Ikuti kami di