Saingi Siri, Huawei Perkenalkan Asisten Virtual Bernama Celia
Huawei buka pusat inovasi 5G di London/IST

Teknologi

Saingi Siri, Huawei Perkenalkan Asisten Virtual Bernama Celia

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Apple dengan Siri, Samsung dengan Bixby. Tak mau kalah, Huawei kini telah menciptakan asisten virtual (virtual assistant) khusus untuk ponselnya bernama Celia. Mungkin ini juga menjadi sebab ditiadakannya asisten virtual Google untuk perangkat-perangkat baru Huawei.

Sebelumnya, Huawei telah memiliki asisten virtual berbahasa Tiongkok bernama Xiaoyi. Sementara Celia, merupakan asisten virtual yang mampu menerima perintah dengan beberapa kemampuan bahasa yaitu Inggris, Spanyol, dan Prancis. Layaknya pertama kali Siri diluncurkan, Celia baru dapat menerima perintah-perintah dasar.

Seperti dilansir Engadget, jenis perintah yang dapat diterima oleh Celia pada awal kehadirannya mungkin seputar pembaruan cuaca, SMS, permintaan panggilan telepon, dan mengatur pengingat melalui interaksi dengan kalender ponsel pengguna. Huawei berharap asisten virtualnya bisa lebih baik dibanding Bixby, asisten virtual milik Samsung.

Baca juga: Kumpul Jadi Satu! Penggemar Anime dan Manga Wajib Coba Game Ini

Seperti Xiaoyi, Celia juga dikabarkan akan dapat menggunakan AI lens milik perangkat Huawei untuk mendeteksi objek dan mungkin mengakses informasi lebih lanjut tentang objek tersebut. Celia akan muncul pada perangkat Huawei melalui pembaruan OTA, ketika EMUI 10.1 dan seri P40 dirilis pada 7 April 2020.

Ikuti kami di