iPadOS 13.4 Resmi Rilis, Kini Bisa Tambah Trackpad dan Mouse
Apple hadirkan pembaruan iPadOS/IST

News

iPadOS 13.4 Resmi Rilis, Kini Bisa Tambah Trackpad dan Mouse

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Tepat seminggu setelah peluncuran iPadOS 13.3.1 beberapa bulan lalu, Apple langsung menguji beta iPadOS 13.4. Tak lama setelahnya, iPadOS 13.4 kini sudah resmi dirilis.

Pada sistem operasi terbarunya, pengguna iPad kini bisa mendapatkan fitur trackpad dan mouse tambahan. Sebenarnya, dukungan trackpad dan mouse tambahan tersebut diluncurkan dalam rangka hadirnya iPad Pro yang baru saja rilis bulan ini. Hadirnya fitur ini juga berhubungan dengan produk Apple lainnya seperti Magic Mouse dan Magic Trackpad, yang nantinya dapat disambungkan ke iPad layaknya laptop.

Fitur tersebut tidak hanya berlaku di iPad Pro saja, tetapi berlaku di semua iPad yang mendukung pembaruan menjadi iPadOS 13.4. Begitu juga Magic Mouse dan Magic Trackpad nantinya juga dapat disambungkan ke seluruh iPad. Seperti dilansir Macworld, mouse atau trackpad dari brand lain juga dapat dihubungkan ke iPad melalui fitur ini.

Baca juga: Facebook Terbaru Versi Desktop Tambahkan Fitur Dark Mode

Adapun iPadOS 13.4 kurang lebih mendapatkan pembaruan yang sama dengan iOS 13.4 dan macOS 10.15.4. Seperti adanya iCloud folder sharing, combined purchase, memoji stickers baru, dan mail toolbar.

Umumnya, pengguna akan mendapat notifikasi untuk memperbarui iPadOS. Tetapi, jika belum mendapatkan notifikasi, pengguna dapat mengunjungi menu pengaturan, pilih general, kemudian pilih software update. Pembaruan ini mungkin belum tersedia di seluruh perangkat Apple pengguna, karena memang dibutuhkan waktu beberapa hari agar dapat hadir di seluruh perangkat.

Ikuti kami di