Gandeng WHO, WhatsApp Hadirkan Chatbot Terkait Informasi COVID-19
WhatsApp/sumber gambar: euractive

News

Gandeng WHO, WhatsApp Hadirkan Chatbot Terkait Informasi COVID-19

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Dalam rangka mengurangi kesalahan informasi seputar coronavirus (COVID-19) di tengah masyarakat, WhatsApp menghadirkan chatbot yang mampu memberikan informasi seputar virus tersebut.

Agar informasi yang dihadirkan cukup akurat, WhatsApp turut menggandeng Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada chatbot ini. Seperti dilansir Engadget, informasi terkait kerja sama WhatsApp dan WHO disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Dengan banga saya mengumumkan bahwa hari ini kami meluncurkan layanan pesan @WHO Health Alert baru melalui @WhatsApp. Layanan ini akan menyediakan berita terbaru dan informasi #COVID19, termasuk rincian tentang gejala dan cara melindungi diri sendiri. Untuk menggunakannya, klik di sini," cuitnya melalui akun @DrTedros. 

Melalui tautan tersebut, pengguna akan diarahkan untuk mengirim pesan kepada WHO dengan kata Hi. Kemudian WHO akan membalasnya dengan menyediakan pilihan menu yang berisi informasi apa yang ingin diketahui. Pengguna cukup membalas dengan memilih angka 1-8 atau emoji yang mewakili informasi tersebut.

Baca juga: Smartphone Mulai Terasa Lemot? Begini Caranya agar Kembali Normal

Angka satu untuk jumlah pasien terinfeksi, angka dua untuk tips melindungi diri dari virus COVID-19, angka tiga untuk FAQ, angka empat untuk mythbusters atau menyajikan informasi seputar mitos-mitos yang tidak dibenarkan oleh medis mengenai COVID-19, angka lima untuk saran ketika bepergian, nomor enam untuk berita COVID-19 terkini, nomor tujuh untuk membagikan kontak WHO, dan nomor delapan untuk donasi.

Jika ingin berdonasi, WHO hanya membukanya untuk negara-negara tertentu. Indonesia tidak termasuk salah satunya.

Ikuti kami di