Empat Aplikasi Gratis untuk Bekerja dari Rumah
Work From Home/sumber gambar: clark.com

Teknologi

Empat Aplikasi Gratis untuk Bekerja dari Rumah

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pandemi virus corona (COVID-19) berdampak pada terbatasnya aktivitas di luar ruangan, termasuk bekerja di kantor. Sebagai solusi, para karyawan diimbau bekerja di rumah masing-masing atau work from home (WFH).

Agar tercipta suasana layaknya bekerja dengan tatap muka seperti biasa, diperlukan alat pendukung seperti aplikasi yang memiliki fungsi video call. Namun selain itu, ada lagi beberapa aplikasi yang juga bisa membantu kelancaran bekerja dari rumah. Berikut ulasannya.

Baca juga: UC Browser Luncurkan UC Drive, Tawarkan Kapasitas Gratis 20GB

Microsoft Teams

Aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk pengguna melakukan video chat, berbagi dan kolaborasi dokumen, dan layanan Microsoft Office lainnya. Semua dapat dilakukan dan dibagikan dalam satu ruang tim yang telah dibuat. Jika memiliki sub-tim, pengguna juga dapat membuat kolom obrolan baru (channel) agar lebih mudah membicarakan topik-topik khusus.

Aplikasi ini menawarkan fasilitas yang lumayan komplit, seperti Maps, Forms, Info Stocks, dan sebagainya. Microsoft Teams bahkan dapat menampung lima ribu orang dalam satu grup. Hanya saja, untuk menggunakan layanan Microsoft Teams, pengguna harus terlebih dahulu menjadi pelanggan Office 365. Jadi, email yang terdaftar untuk office 365 secara otomatis akan terdaftar sebagai akun Microsoft Teams. Aplikasi Microsoft Teams dapat diakses melalui Windows, Android, dan iOS.

Google Suite App

GDocs, GDrive, dan Hangouts merupakan platform yang terpisah, sehingga penggunaannya tidak sepraktis Microsoft Team. Tetapi, ketiga platform tersebut lebih mudah diakses oleh siapa saja dan tidak berbayar. Pengguna cukup memiliki akun Gmail. Melalui GDocs, pengguna dapat mengedit file bersama dengan pengguna lainnya. Sementara dengan GDrive, pengguna dapat mengakses banyak dokumen dalam satu folder bersama dengan pengguna lainnya.

Jika membutuhkan layanan tatap muka, pengguna dapat mengunjungi Hangouts. Satu ruang obrolan dapat menampung hingga seratus anggota. Ketiga platform tersebut juga dapat diakses dalam bentuk aplikasi melalui Android dan iOS. Sementara, jika menggunakan PC, pengguna dapat mengaksesnya melalui browser.

Zoom

Selain mampu melakukan video chat dan mengirim file, aplikasi ini juga dibekali fitur Screen Share. Jadi, jika pengguna memiliki jadwal meeting, pitching, atau kegiatan lainnya yang memerlukan kegiatan presentasi, aplikasi ini dapat memberikan solusi untuk hal tersebut.

Seperti Hangouts, Zoom juga memungkinkan pengguna melakukan panggilan audio kepada pengguna lain dan menampung seratus anggota dalam satu ruang obrolan tim. Jika ingin mencoba, aplikasi Zoom tersedia untuk Windows, Android dan iOS. Jika merasa mengalami gangguan, pengguna dapat mencoba aplikasi serupa sebagai alternatif, seperti Cisco Webex.

Trello

Jika pengguna bersama rekan kerja terbiasa membuat check list, Trello dapat menjadi solusi untuk membuat check list berbasis online. Selain menulis check list, pengguna juga dapat memberikan keterangan seperti deadline atau kondisi terkini mengenai proyek yang ditulis pada daftar.

Pengguna lain pun dapat langsung memberi tanggapan melalui fitur komentar. Aplikasi ini memang tidak memiliki fitur chat, tetapi Trello dapat berperan sebagai extention yang dapat ditambahkan pada Microsoft Teams atau Hangouts, dan masih banyak lagi aplikasi kolaborasi lainnya yang dapat ditambahkan di Trello. Sayangnya, Trello gratis hanya mampu menampung sepuluh orang untuk satu board.

Ikuti kami di