Xbox Series X Bisa Gunakan Memori Tambahan Hingga 1TB
Xbox Series X/IST

Gadget

Xbox Series X Bisa Gunakan Memori Tambahan Hingga 1TB

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Dalam hal ruang penyimpanan, XBox Series X akan mendapatkan penyimpanan NVMe SSD dengan kapasitas bawaan sebesar 1TB. Meski begitu, Microsoft menyatakan bahwa pengguna masih bisa menambah kapasitasnya dengan menggunakan semacam kartu memori tambahan yang juga berkapasitas 1TB.

Kartu tersebut merupakan hasil kerja sama Microsoft dengan Seagate. Untuk menyematkan kartu memori tambahan tersebut, pengguna bisa mencari lubang koneksinya di bagian belakang perangkat. Guna menunjang fitur ini, Microsoft menggunakan koneksi PCI Express 4.0, baik untuk NVMe SSD internal dan SSD eksternal.

Sehingga, game yang dioptimalkan untuk XBox Series X dapat dijalankan pada SSD Internal beserta kartu memori tambahannya. Adanya kartu ekspansi tetap memungkinkan hard drive eksternal USB 3.1+ tetap dapat digunakan di XBox Series X untuk menjalankan game XBox One, XBox 360, dan OG XBox.

Seagate selaku mitra untuk kartu ekspansi ini menyatakan bahwa sejauh ini mereka menjadi satu-satunya penyedia kartu ekspansi untuk XBox Series X.

Adanya kartu ekspansi baru ini beserta NVMe SSD bawaan dapat memberikan peningkatan kecepatan ketika sedang loading. Seperti yang dilansir The Verge, Microsoft telah menunjukkan adanya peningkatan sebanyak empat puluh detik, yang sekaligus dapat menyimpulkan bahwa penyimpanan SSD dapat memengaruhi aktivitas gaming pada XBox generasi berikutnya.

Baca juga: Kumpul Jadi Satu, Penggemar Anime dan Manga Wajib Jajal Game Ini

Hal ini juga membuktikan bahwa Microsoft sangat mungkin melakukan resume game di berbagai kondisi dengan lebih cepat, baik dalam keadaan standby atau setelah melakukan restart akibat pembaruan.

Selain itu, data apapun yang secara temporer tersimpan sebelumnya di dalam RAM akan dibawa langsung ke SSD. Sehingga konsol dapat melakukan resume game secara instan. Kemampuan ini disebut dengan fitur Quick Resume. Namun, belum diungkapkan secara detail berapa banyak game yang dapat mengoperasikan fitur ini karena setiap permainan memiliki persyaratan RAM yang berbeda.

Banyak informasi lainnya yang belum disampaikan oleh Microsoft terkait kartu ekspansi, termasuk harga yang akan dibanderol untuk satu item kartu ekspansi.

Ikuti kami di