Bersaing dengan Spotify dan Joox, ByteDance Hadirkan Aplikasi Resso
Tampilan aplikasi Resso/Screenshot

Bersaing dengan Spotify dan Joox, ByteDance Hadirkan Aplikasi Resso

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Setelah sukses menghadirkan TikTok, ByteDance kini mencoba memperluas bisnisnya dengan menghadirkan aplikasi baru untuk streaming musik. Aplikasi bernama Resso ini akan bersaing dengan platform serupa seperti Spotify, Apple Music, maupun Joox.

Resso baru diluncurkan di dua negara yakni India dan Indonesia. Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara gratis di PlayStore dan AppStore. Meski bisa diunduh gratis, cara kerja aplikasi ini sama seperti aplikasi streaming musik lainnya. Untuk mendapatkan fasilitas lengkap, pengguna harus terlebih dahulu menjadi pelanggan berbayar.

Resso memiliki beberapa fitur andalan yang cukup menarik bagi pengguna, terutama dari aspek sosialnya. Selain bisa saling follow, pengguna juga dapat memberi komentar untuk lagu favoritnya. Seluruh komentar, jumlah like, dan jumlah share untuk setiap lagu yang terdaftar dibuat transparan oleh Resso. Jika memiliki teman sesama pengguna Resso, pengguna juga dapat melihat playlist dan lagu kesukaan mereka dengan membuka akun teman.

Fitur menarik lainnya di aplikasi ini seperti menu Vibes yang bisa dilihat dari akun teman. Vibes adalah sebuah background lagu yang dapat bergerak seperti video. Spotify juga memiliki fitur ini, tetapi Resso lebih membebaskan penggunanya untuk mengganti vibes mereka dengan foto atau video lain yang ada di ponselnya. Selain itu, pengguna juga dapat melihat vibes yang pernah diunggah oleh teman.

Baca juga: Google Tawarkan Beragam Game Ringan Melalui GameSnacks

Satu lagi fitur yang menjadi andalan Resso adalah fitur Lyric Quote. Dengan menekan tombol Share, pengguna dapat membagikan lagu tersebut bersamaan dengan bagian lirik favoritnya. Karena tampilannya yang menyerupai wallpaper, pengguna juga dapat mengunduh Lyric Quote sebagai foto. Karena adanya Lyric Quote tersebut, sudah otomatis Resso juga memiliki lirik lagu hampir untuk seluruh lagu yang telah terdaftar.

Sejauh ini, hanya terdapat satu paket berlangganan yaitu Rp 49.900 per bulan dengan pembayaran menggunakan pulsa atau Google Wallet yang nantinya dapat dibayar menggunakan GoPay. Paket fasilitas yang bisa didapatkan melalui harga tersebut meliputi bebas iklan, mendengarkan musik offline, dan skip lagu tanpa batas. Namun, untuk pengguna baru, Resso memberikan trial akun premium selama tujuh hari.

Ikuti kami di