Smartphone Mulai Terasa Lemot? Begini Caranya agar Kembali Normal
Ilustrasi penggunaan aplikasi di smartphone/sumber gambar: Vaccines Today

Gadget

Smartphone Mulai Terasa Lemot? Begini Caranya agar Kembali Normal

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Ruang penyimpanan di sebuah smartphone yang sudah terlalu penuh kerap membatasi pengguna ketika melakukan aktivitas mobile. Misalnya, pengguna jadi membutuhkan waktu lebih lama untuk membuka galeri karena smartphone menjadi lebih lemot.

Namun perlu diketahui, memori yang hampir full tidak sepenuhnya berasal dari penyimpanan foto, video, audio, atau besaran file aplikasi. Penuhnya ruang penyimpanan bisa saja berasal dari data-data yang tidak terlihat. Sebelum menghapus data atau uninstall aplikasi, berikut cara yang bisa dilakukan sebagai langkah awal untuk mengetahui file apa saja yang membuat ruang penyimpanan menjadi penuh.

Baca juga: Jawab Kebutuhan Bisnis Online, Ninja Xpress Hadirkan Layanan Bertarif Flat

Cek folder WhatsApp

Jika pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp, tanpa disadari biasanya banyak foto, video, dan audio yang ternyata menumpuk. Sayangnya, data yang menumpuk tersebut tidak tampak fisiknya di galeri pengguna. Karena itu, cek folder WhatsApp di menu File Manager, kemudian buka Media.

Di sana terdapat beberapa pilihan seperti WhatsApp Video, WhatsApp Images, dan sebagainya. Pengguna bisa mengecek satu persatu folder sent yang ada di dalamnya dan menghapus isinya. Folder sent memuat data-data yang sebelumnya pernah dikirim melalui WhatsApp. Jika merasa tidak lagi digunakan, lebih baik dihapus. Seringkali ratusan, bahkan ribuan data tertumpuk di sana.

Hapus data aplikasi

Menghapus data aplikasi bukan berarti uninstall aplikasi. Untuk melakukan hal ini, pengguna dapat memilih menu pengaturan, kemudian cari menu aplikasi. Dari sederet aplikasi yang terunduh di ponsel, pilih beberapa aplikasi yang memakan kapasitas besar, kemudian pilih opsi hapus data atau clear data. Biasanya, aplikasi seperti LINE, Spotify, games, Snapchat, dan Instagram memakan ruang yang lumayan besar.

Namun, pengguna juga perlu berhati-hati ketika ingin menghapus data. Segala aplikasi yang memerlukan log in pasti secara otomatis akan ter-log out. Jadi, pastikan pengguna hafal username, email, dan password akun. Selain itu, aplikasi Messenger biasanya akan menghapus seluruh riwayat obrolan, kecuali WhatsApp karena bisa dilakukan back up.

Uninstall update aplikasi bawaan

Setiap ponsel pasti memiliki aplikasi bawaan yang tidak bisa dilakukan uninstall. Untuk menyiasatinya, pengguna dapat mengunjungi Play Store, pilih aplikasi bawaan yang tidak terpakai, kemudian pilih uninstall update. Karena setiap update pasti memerlukan ruang kapasitas lebih besar.

Agar aplikasi tidak secara otomatis diperbarui oleh Play Store, pengguna dapat membuka pengaturan Play Store, kemudian pilih menu auto-update apps. Terdapat tiga pilihan yang dapat dipilih, over any network berarti update otomatis, over WiFi only berarti akan diperbarui otomatis jika tersambung oleh sinyal WiFi, dan don`t auto-update apps berarti update aplikasi akan sepenuhnya dikendalikan oleh pengguna alias manual.

Rajin bersihkan RAM

Pengaruhnya memang tidak terlalu besar, tapi cara ini pantas dicoba demi mengoptimalkan kapasitas ponsel. Setiap beraktivitas menggunakan ponsel, pasti banyak aplikasi yang masih berjalan, padahal sedang tidak digunakan. Selain bikin boros baterai, aplikasi tersebut memakan ruang RAM. Untuk membersihkan RAM, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian cari opsi RAM/Memory/Storage. Kemudian pengguna bisa memilih bersihkan. Cara ini tidak berpengaruh apapun untuk data pengguna.

Hapus data yang tidak perlu

Ini adalah langkah terakhir yang dapat dilakukan jika memang kapasitas ponsel sudah sangat mepet. Jika empat cara diatas ternyata belum membantu, cara yang bisa dilakukan adalah uninstall aplikasi dan menghapus data lainnya yang tidak perlu. Jika sayang menghapus data seperti foto, video, maupun audio, pengguna bisa memindahkannya ke hard disk, flash disk, maupun eksternal hard disk.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-