Aplikasi Ini Bisa Membantu Mengerjakan Soal Materi Pelajaran
Aplikasi Socratic/IST

Teknologi

Aplikasi Ini Bisa Membantu Mengerjakan Soal Materi Pelajaran

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sebagai platform pendidikan, Socratic bukan sekedar aplikasi yang memuat materi-materi pelajaran sekolah. Socratic juga bisa membantu pengguna mencari jawaban dari suatu pertanyaan sulit dengan bantuan artificial intelligence (AI) milik Google.

Socratic sebenarnya sudah beredar sejak tahun 2013 dalam bentuk web. Kemudian pada 2016, platform ini hadir dalam bentuk aplikasi. Hingga akhirnya platform buatan Chris Pedregal dan Shreyans Bansali tersebut diakuisisi oleh Google LCC dan kembali diluncurkan 12 Februari 2020 dengan tampilan baru.

Karena akuisisi itulah, Socratic kini bisa memanfaatkan sumber daya Google untuk meningkatkan layanannya. Terkait kemampuan Socratic untuk menjawab pertanyaan sulit dengan memanfaatkan AI milik Google, jawaban yang diberikan memang seperti hasil jawaban Google Search.

Namun aplikasi ini lebih mempersempit fungsinya dengan hanya menampilkan jawaban yang bersifat edukatif, dibanding Google Search pada umumnya yang menampilkan hasil pencarian secara luas. Untuk memberikan pertanyaan, pengguna bisa memanfaatkan kamera atau voice search, kemudian jawaban akan muncul pada bagian atas. Materi pendukung baik dalam bentuk grafik, tulisan, atau video juga diberikan di bagian bawah.

Peran teknologi AI baru akan terlihat jika pengguna menanyakan soal hitung-hitungan. Dengan mengambil foto gambar soal, aplikasi dapat memberikan jawaban beserta penjabarannya yang tersedia dengan berbagai macam cara.

Baca Juga: Snapchat Hadirkan Fitur Pencarian Lokasi Teman Melalui Snap Map

Google AI memang tengah ditingkatkan untuk aplikasi ini dengan algoritma khusus yang mampu memecahkan persoalan aljabar, geometri, trigonometri, dan materi lainnya.

Selain itu, Socratic juga menyediakan berbagai topik pembelajaran seperti biologi, kimia, kalkulus, algebra, hingga sejarah dunia dalam bentuk visual yang menarik.

Penjelasannya juga cukup efektif, serta proporsi jarak antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain tidak terlalu dekat, sehingga tidak pusing untuk dibaca. Tetapi sejauh ini, materi pembelajaran baru hanya diberikan dalam bahasa inggris. Google menyatakan bahwa Socratic diharapkan dapat membantu pelajar ketika mereka sedang belajar sendiri tanpa guru.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-