Snapchat Hadirkan Fitur Pencarian Lokasi Teman Melalui Snap Map
Tampilan fitur Snap Map di Snapchat/IST

Teknologi

Snapchat Hadirkan Fitur Pencarian Lokasi Teman Melalui Snap Map

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Tidak kalah dengan aplikasi messenger lain, Snapchat kini juga memiliki map sendiri. Bukan untuk mencari alamat, melainkan sekedar untuk mengetahui lokasi teman. Namun, Snapchat tidak membuatnya seperti `Live Location` seperti yang ditemui pada Whatsapp atau Facebook Messenger.

Fitur Snap Map sepenuhnya dikendalikan oleh pengguna. Jadi, Snapchat tidak secara otomatis memperbarui lokasi pengguna ke Snap Map, tetapi harus pengguna sendiri yang memperbarui lokasinya. Fitur ini dapat ditemukan di menu Profile dengan nama Snap Map di bagian paling bawah. Pengguna akan diberikan beberapa opsi untuk menggunakan fitur ini.

Jika penggguna tidak ingin menampilkan diri pada map, maka pilih Ghost Mode. Namun, jika pengguna ingin membagikan lokasinya, terdapat tiga opsi yang dapat dipilih yakni:
• Pengguna dapat membagikan lokasi kepada semua teman Snapchat.
• Pengguna dapat memilih beberapa orang yang tidak diperbolehkan untuk mengetahui lokasi pengguna dengan pilihan My Friends, Except....
• Pengguna dapat memilih beberapa orang saja yang boleh mengetahui lokasi pengguna.

Sebagai informasi, pengguna hanya bisa membagikan lokasi live mereka saat itu. Namun, pengguna dapat mengedit nama lokasi tersebut, misalnya "Toko Kopi Favorit", "Rumahku", atau lainnya. Jika tidak ada teman yang sedang membagikan lokasinya, pengguna juga dapat membuat permintaan kepada mereka untuk memperbarui status lokasinya.

Baca Juga: Siapa yang Pantas Menjadi Teman Dekatmu di Instagram? Ketahui Lewat Fitur Ini

Fitur ini memiliki visual yang menarik. Jika sudah pernah membuat bitmoji, pengguna dapat memilih berbagai ekspresi yang dapat disesuaikan dengan apa yang sedang dilakukan, misalnya olah raga, minum boba, makan sushi, atau sedang bersantai. Snapchat menyebutnya Actionmoji, dan Actionmoji itulah yang nanti akan muncul di Snap Map.

Bahkan, fitur ini juga dapat menyesuaikan jika cuaca di lokasi sedang hujan atau tidak. Jika map diperbesar, akan terlihat pula lokasi sungguhan sekitar pengguna seperti Google Earth.

Ikuti kami di