Pengguna Gboard Kini Bisa Bikin Emoji Sendiri
Google hadirkan emoji kitchen di Gboard/IST

Teknologi

Pengguna Gboard Kini Bisa Bikin Emoji Sendiri

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Bukannya menghadirkan emoji baru, Google memilih menghadirkan inovasi pada Gboard dengan menghadirkan Emoji Kitchen. Hal ini memungkinkan pengguna berkreasi membuat emoji baru dengan mengombinasikan dua emoji yang sudah ada sebelumnya. Misalnya emoji hantu menangis, monyet berwajah alien, dan sebagainya.

Sayangnya, fitur ini tidak bekerja seperti namanya (emoji kitchen) yang seharusnya pengguna dapat `bebas memasak` emoji yang diinginkan. Pada akhirnya, kombinasi tersebut hanya tampil dalam bentuk rekomendasi atau masukkan dari Google dan tidak semua emoji bisa dikombinasi.

Perbaruan ini baru diuji coba dalam bentuk beta, sehingga pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menjadi tester pada tautan Gboard Beta. Jika berhasil, Google akan menampilkan tulisan Welcome to the testing program dan mengarahkan pengguna untuk memperbarui aplikasi Gboard melalui Play Store. Bagi yang belum memiliki Gboard, Google juga akan memberi tautan agar pengguna dapat mengunduhnya.

Setelah berhasil terunduh, pengguna harus memastikan pengaturan default keyboard yang digunakan adalah Gboard. Jangan terburu-buru mencobanya di sembarang aplikasi karena hanya aplikasi tertentu saja yang mendukung versi beta ini. Bahkan aplikasi note ponsel pun tidak dapat mendukungnya. Disarankan untuk mencobanya melalui Whatsapp atau Facebook Messenger.

Untuk mengakses emoji pada Gboard, pengguna dapat menekan tombol emoji di sebelah tombol Globe selama dua detik hingga menu emoji muncul pada keyboard. Bagi pengguna yang berhasil menjadi tester, akan muncul tulisan yang meminta untuk mengetuk emoji. Kemudian, pengguna dapat mencoba memilih salah satu emoji. Jika kompatibel, emoji baru akan muncul diatas keyboard pengguna. Emoji tersebut hanya dapat dikirim dalam bentuk stiker, jadi tidak dapat disandingkan bersamaan dengan pesan.

Baca Juga: Apple Uji Coba Fitur CarKey, Bisa Membuka dan Mengunci Mobil

Sebagai tips, pengguna dapat memasukkan emoji Gboard ke dalam menu favorit stiker Whatsapp agar tetap tersimpan di ponsel pengguna jika sewaktu-waktu beta Gboard harus dihapus. Caranya, pengguna cukup mengirimkan emoji tersebut kepada teman, klik stiker emoji yang telah dikirim dan pilih add to favorites.

Untuk selanjutnya, Google belum mengonfirmasi kapan fitur ini akan resmi hadir untuk semua pengguna Gboard. Namun pastinya, pengguna mengharapkan lebih banyak lagi emoji dan aplikasi yang kompatibel untuk fitur ini.

Ikuti kami di