Sering Melihat Domain .io Pada Sebuah Game? Ternyata Ini Artinya
Daftar game di Top Charts Play Store/Screenshot

Teknologi

Sering Melihat Domain .io Pada Sebuah Game? Ternyata Ini Artinya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Mengingat kembali ke tahun 2015, dunia gaming sempat dipopulerkan dengan multiplayer game sederhana bernama Agar.io. Pada game tersebut, pemain mengendalikan sebuah sel (bakteri) yang harus memakan sel lainnya yang lebih kecil sekaligus menghindari sel yang lebih besar.

Sejak saat itu, mulai bermunculan game-game lainnya dengan embel-embel .io di belakang namanya. Apakah game-game tersebut serupa dengan Agar.io? Sebenarnya apa sih arti .io?

Jika dilihat dari arti sebenarnya, .io merupakan kode domain negara British Indian Ocean Territory seperti halnya .au untuk Australia atau .ca untuk Kanada sebagai alamat domain di dunia maya.

Sementara untuk game, .io diartikan sebagai sebuah game yang memiliki beberapa ciri seperti multiplayer, gratis, mudah dimainkan tanpa harus log in, dan memiliki grafik yang simpel, serta tidak jarang membuat pemainnya ketagihan.

Banyak juga sumber yang berpendapat bahwa penggunaan .io pada akhir nama game hanyalah akal dari para pengembang game. Mengingat Agar.io merupakan game pertama yang menggunakan .io dan sempat populer di masanya. Kemudian banyak pengembang game yang menggunakan .io pada nama game hingga .io dianggap sebagai sebuah genre game.

Baca Juga: EmpatKali Tawarkan Pinjaman Tanpa Bunga untuk Berbelanja, darimana Untungnya?

Namun, jika mengaitkannya dari karakteristik yang tadi telah disebutkan, game .io memang terlihat seperti itu dan nampaknya memang dapat membuat ketagihan pemainnya. Jika masuk ke Play Store, setidaknya ditemukan lebih dari satu game .io yang menduduki sepuluh peringkat pertama kategori top free game dan trending game, sama halnya ketika berkunjung ke App Store.

Menariknya, hampir semua game .io yang sedang populer berbentuk ulat, cacing, ular, dan sejenisnya. Namun, sejauh ini Agar.io dan Slither.io lah yang masih menjadi game .io paling populer. Game .io mana yang menjadi favoritmu?

Ikuti kami di