Tiga Aplikasi Bawaan Ini akan Menjadi Fitur Opsional di Windows 10 Terbaru
Ilustrasi Windows 10/sumber gambar: MSPoweruser

Teknologi

Tiga Aplikasi Bawaan Ini akan Menjadi Fitur Opsional di Windows 10 Terbaru

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Tiga aplikasi yang sudah cukup lama menjadi aplikasi bawaan (default) Windows yakni Notepad, Paint, dan Wordpad akan berubah menjadi fitur opsional di Windows 10 yang akan datang. Artinya, pengguna dapat menghapus ketiga aplikasi tersebut dari sistem Windows.

Aplikasi Notepad dan Paint merupakan aplikasi bawaan Windows sejak versi 1.0 di tahun 1985 dan Wordpad mulai diadakan sejak tahun 1995 untuk sistem operasi Windows 95. Notepad dan Wordpad memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, yaitu memudahkan pengguna untuk membuat catatan dengan tampilan yang simpel. Sementara Paint memudahkan pengguna untuk menggambar dan membuat grafik desain melalui komputer.

Seperti dilansir Techradar, aplikasi Notepad, Paint, dan Wordpad akan mulai diatur menjadi fitur opsional pada Windows 10 versi 2004 yang rencananya akan diluncurkan pada kuartal keempat di tahun 2020.

Baca Juga: Lewat Aplikasi, Kaki Lima Tawarkan Solusi Pengembangan Bisnis PKL

Jika ingin menghapus ketiga aplikasi tersebut, pengguna dapat langsung menghapusnya melalui pilihan Optional Features pada kontrol panel dan kemudian akan diminta untuk restart PC setelah aplikasi berhasil dihapus. Setelah restart, aplikasi akan sepenuhnya terhapus dari PC pengguna.

Sebenarnya, meski banyak aplikasi dengan kegunaan serupa yang lebih kaya akan fitur, kehadiran aplikasi Notepad, Paint, dan Wordpad tidak begitu berpengaruh dan menjadi masalah pada ruang penyimpanan PC karena ketiga aplikasi tersebut berkapasitas kurang dari 20MB.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-