Twitter Berencana Hadirkan Fitur Pembatasan Balasan Cuitan
Aplikasi Twitter/sumber gambar: Tech Crunch

Teknologi

Twitter Berencana Hadirkan Fitur Pembatasan Balasan Cuitan

NHM

TECHNOSIGHTZ.COM - Twitter kabarnya tengah mempertimbangkan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membatasi siapa saja yang bisa membalas (reply) cuitannya. Kabar ini hadir saat pihak Twitter melakukan presentasi di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2020 di Las Vegas.

Lalu, bagaimana fitur tersebut bekerja? Untuk membatasi siapa saja yang bisa ambil bagian dalam percakapan terkait cuitan tertentu, pengguna akan bisa memilih empat opsi yakni semua orang (Global), hanya yang menjadi follower (Group), hanya pengguna tertentu yang disebutkan dalam cuitan (Panel), atau tak ada satu pun pengguna yang bisa membalas cuitan (Statement).

Bagi akun Twitter yang terbuka untuk publik, setiap cuitan masih bisa dilihat oleh semua pengguna. Namun beberapa pengguna atau semua pengguna mungkin tidak akan bisa membalas cuitan tersebut, tergantung opsi yang dipilih pemilik akun. Sebagai catatan, fitur ini baru berfungsi jika pengguna mengaktifkannya sebelum mempublikasikan cuitan. Jika baru diaktifkan setelah cuitan dipublikasikan, maka fitur ini tidak akan berfungsi untuk cuitan tersebut.

Seperti dilansir Digital Trends, pihak Twitter mengatakan akan mulai menguji coba fitur ini ke pengguna terpilih dalam beberapa bulan ke depan. Artinya, jika fitur ini resmi diluncurkan, cara kerjanya mungkin akan sedikit berubah dari yang dideskripsikan di atas. Namun fungsinya mungkin hampir sama.

Adapun fitur-fitur seperti ini dihadirkan Twitter guna membantu pengguna agar lebih memiliki kendali pada percakapan di akun mereka. Pada November 2019, Twitter mulai menghadirkan fitur menyembunyikan balasan (hide replies) untuk komentar yang bersifat spam, menyinggung, atau memang komentar yang dirasa pengguna tidak cocok.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-