Canggih! Robot Buatan Agility Robotics Bisa Membantu Bawakan Barang
Robot Digit besutan Agility Robotics/IST

Teknologi

Canggih! Robot Buatan Agility Robotics Bisa Membantu Bawakan Barang

NHM

TECHNOSIGHTZ.COM - Startup asal Amerika Serikat, Agility Robotics, mengumumkan bahwa mereka telah membuka keran penjualan untuk Digit, sebuah robot berkaki dua yang bisa dimanfaatkan untuk membawakan barang-barang. Dua unit robot Digit telah dibeli produsen mobil Ford untuk meneliti pengiriman last mile.

Mampu mengangkat beban hingga 18 kilogram, Agility Robotics mengklaim Digit bisa digunakan untuk berbagai macam industri seperti logistik, pergudangan, telepresence, dan inspeksi industri. Agility Robotics juga mengklaim robot ini sepenuhnya berjalan otomatis, namun robot tetap harus dikendalikan oleh manusia.

Lalu, apakah robot ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan penegakan hukum atau militer? CEO Agility Robotics, Damion Shelton, mengatakan robot buatannya tak akan digunakan untuk memenuhi fungsi persenjataan. "Kami tak akan mengizinkan Digit (atau robot buatan Agility lainnya) dipersenjatai dengan jenis apapun, baik itu senjata mematikan atau tidak mematikan," kata Shelton seperti dilansir The Verge.

Hal ini juga termasuk senjata yang bukan ditujukan untuk manusia, seperti untuk menghancurkan alat peledak. Shelton juga menyatakan kontrak penjualan robot ini juga sudah dibentengi klausul bahwa pembeli dilarang menjadikan robot buatan Agility sebagai senjata sebagai upaya pencegahan. Adapun mengenai harga robot ini, Shelton tak menyebutkannya secara spesifik.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-