Microsoft Segera Hadirkan Xbox Series X, Ini Spesifikasinya
Xbox Series X/sumber gambar: TechRadar

Gadget

Microsoft Segera Hadirkan Xbox Series X, Ini Spesifikasinya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Tak hanya sampai tiga generasi, Microsoft telah mengumumkan generasi lanjutan dari konsol game Xbox yaitu Xbox Series X. Nama ini telah resmi diumumkan pada Game Award yang diselenggarakan di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat pada 12 Desember 2019.

Kabar akan rilisnya Xbox Series X ternyata juga sudah tertulis pada halaman berita resmi Xbox pada hari yang sama. Lantas, apa yang akan didapat oleh pengguna dari generasi terbaru Xbox ini?

Tak seperti konsol game yang pernah dirilis sebelumnya, XBox Series X lebih mirip dengan PC karena orientasinya yang vertikal dan lebih lebar. Namun tetap saja, desain dan ukuran bukanlah segalanya dibandingkan dengan mesinnya. Berikut rangkuman spesifikasi XBox Series X seperti dilansir GameSpot.

• CPU: AMD Ryzen Zen 2 CPU
• GPU: AMD Navi-based GPU (~12 TFLOPs)
• RAM: GDDR6 SDRAM (kapasitas belum dikonfirmasi)
• Storage: NVMe SSD (kapasitas belum dikonfirmasi)
• Max Output Resolution: 8K
• Max Refresh Rate: 120Hz

"Tujuan kami selalu membangun konsol paling kuat yang kami bisa, dan saya pikir kami telah mencapai itu," ujar Executive Vice-President of Gaming Microsoft, Phill Spencer.

Microsoft mengatakan bahwa Series X akan menargetkan kinerja 4K/60fps, tetapi juga memberikan opsi 120 fps dan dukungan 8K. Sementara, prosesor yang digunakan memanfaatkan arsitektur CPU Zen 2 dan RDNA dari AMD, meningkatkan akselerasi hardware tracing tray, memori GDDR6, dan penyimpanan NVMe SSD yang diklaim dapat memproses informasi dengan cukup cepat secara virtual.

Adapun Series X juga menggunakan teknologi Variable Rate Shading (VRS) miliknya untuk memungkinkan game memanfaatkan kekuatan grafisnya. Selain itu, Series X menawarkan kinerja CPU empat kali lebih banyak dari Xbox One dan daya GPU dua kali lebih banyak dari Xbox One X. Konsol Microsoft Xbox Series X akan mencakup Auto Low Latency Mode (ALLM) dan Dynamic Latency Input (DLI) yang akan menjadikan Xbox Series X lebih responsif.

Ikuti kami di