Apa Itu Parallel Space dan Cara Menggunakannya di Smartphone
Aplikasi Parallel Space/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Apa Itu Parallel Space dan Cara Menggunakannya di Smartphone

Syah Rezi Tungga Dewi

TECHNOSIGHTZ.COM - Mengakses beberapa akun media sosial maupun akun game melalui dua atau tiga smartphone berbeda terdengar merepotkan. Jika hanya menggunakan satu smartphone, pengguna pun juga harus repot melakukan login dan logout jika akan berganti akun ke akun lainnya.

Problem seperti ini yang coba dipecahkan oleh Parallel Space, sebuah aplikasi yang membantu pengguna untuk mengendalikan dan mengakses beberapa akun media sosial maupun game sekaligus dari aplikasi yang sama melalui satu smartphone.

Parallel Space menyediakan ruang virtual untuk menampung aplikasi serupa dengan akun yang berbeda tanpa mengurangi ruang penyimpanan dalam smartphone itu sendiri. Dengan kata lain, pengguna Parallel Space dapat menggandakan dan menggunakan beberapa aplikasi yang sama dengan akun yang berbeda dalam satu ponsel. Besar aplikasi Parallel Space pun tidak lebih dari 10MB.

Kemampuan Parallel Space menghadirkan ruang virtual didukung teknologi Multidroid yang diluncurkan oleh LBE Tech, salah satu developer software asal Tiongkok. Multidroid menyediakan sistem operasi virtual yang mampu berjalan beriringan dan terpisah dengan sistem operasi bawaan dalam smartphone tanpa saling mempengaruhi.

Di Google Play, Parallel Space tersedia dalam versi Pro dan Lite. Versi Pro berbayar sementara Lite tidak berbayar. Perbedaan antara Lite dan Pro terletak pada fitur yang ditawarkan. Pada versi Pro, terdapat fitur Incognito Mode yang memungkinkan pengguna menggandakan aplikasi yang mereka inginkan tanpa perlu mengkhawatirkan privasi. Sementara Parallel Space Lite tidak menyediakan fitur tersebut.

Cara menggunakan Parallel Space

Penggunaan Parallel Space pun cukup mudah. Setelah mengunduh dan melakukan instalasi, pengguna dapat langsung membuka aplikasi Parallel Space.

Pada menu awal, terdapat pengenalan singkat mengenai apa itu Parallel Space. Kemudian pengguna akan diarahkan ke halaman control panel. Untuk menambah aplikasi yang akan digandakan, pengguna dapat mengetuk pilihan Add App.

Misalkan anda ingin membuat akun baru untuk aplikasi Whatsapp, maka pilih Whatsapp. Setelah menambahkan Whatsapp, maka Whatsapp pun akan digandakan dan terpasang dalam Parallel Space. Viola! Whatsapp kini telah digandakan. Anda bisa langsung mengakses Whatsapp melalui Parallel Space dan login dengan akun lama maupun membuat akun baru.

Meski menawarkan kepraktisan pengelolaan aplikasi, Parallel Space tetap memiliki kekurangan. Running sistem virtual Parallel Space cukup berat, dan terkadang membutuhkan waktu loading yang cukup lama ketika membuka Parallel Space.

Aplikasi yang telah digandakan pun tidak akan muncul dalam halaman home smartphone seperti aplikasi lainnya, melainkan muncul dalam control panel Parallel Space itu sendiri. Pengguna harus mengakses Parallel Space terlebih dahulu jika ingin membuka aplikasi yang telah digandakan. Di dalam control panel Parallel Space sendiri terdapat iklan yang mungkin mengganggu bagi sebagian pengguna. Tertarik mencoba?

Ikuti kami di