Cara Blibli Mencegah Masuknya Penjual Nakal yang Menjual Barang Palsu
Logo Blibli/TECHNOSIGHTZ

Startup

Cara Blibli Mencegah Masuknya Penjual Nakal yang Menjual Barang Palsu

Syah Rezi Tungga Dewi

TECHNOSIGHTZ.COM - Tak seperti beberapa platform marketplace yang memungkinkan penggunanya mengunggah sendiri barang dagangannya, Blibli menerapkan sistem sortir bagi para pengguna yang ingin berjualan di platformnya. Sistem sortir ini dilakukan untuk mencegah masuknya barang ilegal maupun palsu.

Geoffrey L. Dermawan selaku SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli menuturkan pihaknya selalu berupaya memastikan barang-barang yang dijual di platformnya seratus persen produk original. Guna memastikan hal tersebut, Blibli melakukan verifikasi pada penjual saat tahap awal pendaftaran.

Verifikasi tersebut seperti memastikan apakah barang yang dijual original atau tidak, di mana letak gudangnya, dan hal-hal seperti ini akan difoto untuk keperluan verifikasi. "Jika verifikasi beres, maka akan kami loloskan," ujar Geoffrey saat ditemui Technosightz belum lama ini.

Lalu, bagaimana jika dalam perjalanannya penjual yang telah terverifikasi ini justru menjual barang palsu atau ilegal? Menurut Geoffrey, jika produk palsu atau ilegal tersebut sudah terlanjut terbeli oleh pengguna, maka bisa dilaporkan ke pihak Blibli. Pengguna yang mengembalikan barang ilegal atau palsu akan mendapatkan pengembalian dana (refund).

"Sedangkan barnag bermasalah yang dijual penjual akan diturunkan. Jika barang yang sudah diturunkan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh penjual yang bermasalah, maka penjual akan kami block. Selama penjual tidak menjual barang palsu atau ilegal, maka akan baik-baik saja," jelasnya.

Ikuti kami di