Kredit Pintar akan Gunakan Teknologi OCR dan Pengenalan Wajah, Begini Implementasinya
CEO Kredit Pintar, Wisely Wijaya/IST

Startup

Kredit Pintar akan Gunakan Teknologi OCR dan Pengenalan Wajah, Begini Implementasinya

Helen Birgitta

TECHNOSIGHTZ.COM - Guna meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan layanannya, Kredit Pintar yang merupakan startup di bidang peer to peer (P2P) lending kini tengah mengembangkan fitur baru yang memanfaatkan teknologi Optical Character Recognition (OCR).

Penggunaan OCR akan membantu pengguna Kredit Pintar mengisi form data diri lebih cepat. Hal ini karena teknologi OCR mampu membaca informasi yang tertulis dalam sebuah gambar, dalam hal ini foto KTP yang diunggah pengguna. Dengan begitu, kolom dalam form yang informasinya sudah ada di KTP akan otomatis terisi sehingga bisa mempersingkat waktu ketika melakukan pengajuan pinjaman.

"Ini tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna karena mempermudah pengajuan," ujar CEO Kredit Pintar, Wisely Wijaya, saat ditemui Technosightz, Kamis (7/11/2019) kemarin.

Selain OCR, Kredit Pintar juga akan memanfaatkan teknologi facial recognition atau pengenalan wajah. Teknologi ini mampu membandingkan foto wajah pada KTP dengan foto wajah saat pengguna melakukan selfie. "Hal ini akan membantu Kredit Pintar dalam proses profiling," jelasnya.

Adapun ketika melakukan scoring, Kredit Pintar menggunakan data tradisional dan data alternatif. Data tradisional seperti data diri yang tercantum dalam KTP dan tempat tinggal. Sedangkan data alternatif bisa berasal dari media sosial, atau memanfaatkan akses ke kamera smartphone pengguna untuk mencocokkan wajah.

Data alternatif ini bisa juga dengan memanfaatkan mikrofon smartphone pengguna guna memastikan apakah yang mengajukan pinjaman adalah manusia atau robot.

Ikuti kami di