Melihat Contoh Pemanfaatan AI Pada Solusi Watson Anywhere Besutan IBM
Logo IBM/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Melihat Contoh Pemanfaatan AI Pada Solusi Watson Anywhere Besutan IBM

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Salah satu tantangan terkait penerapan teknologi artificial intelligence (AI) di beberapa industri yakni belum terlalu memadainya infrastruktur jaringan internet, terutama di daerah-daerah terpencil. AI sulit diterapkan di daerah terpencil lantaran teknologi ini biasanya dipasang di dalam server, dan untuk menerapkannya pada sebuah perangkat harus tersambung dengan internet.

Guna menjawab permasalahan tersebut, IBM yang dikenal sebagai perusahaan teknologi menawarkan solusi bernama Watson Anywhere. Pada dasarnya, Watson Anywhere merupakan solusi yang memanfaatkan AI dan bisa ditempatkan atau ditanam di berbagai perangkat. Bahkan solusi ini bisa bekerja tanpa perlu tersambung dengan server.

Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan sedang dalam tahap training AI, maka AI tersebut bisa ditempatkan dulu di private cloud. Setelah AI selesai mempelajari berbagai algoritme, AI di private cloud tersebut bisa dipindahkan ke perangkat lain seperti smartphone atau tablet sehingga bisa dimanfaatkan untuk menganalisa hal-hal tertentu tanpa terhubung ke server.

"Contohnya, saya mau tahu kualitas ikan yang bagus seperti apa. Ketika berada di lepas pantai, sulit mendapatkan sinyal. Kalau harus tersambung ke server, akan sulit mengetahui bagaimana kualitas ikan tersebut. Ini (AI Watson Anywhere) bisa ditanamkan ke smartphone atau tablet dan fungsinya bisa sama seperti di server. Untuk mengetahui ikan itu jenis apa, bagaimana kualitasnya, tinggal foto saja," jelas Presiden Direktur IBM Indonesia, Tan Wijaya, saat ditemui Technosightz, Selasa (5/11/2019).

Tan menambahkan, solusi AI Watson Anywhere bisa diterapkan di berbagai industri. Contoh lainnya seperti di industri manufaktur guna mendeteksi jika ada spare part yang cacat. Contoh berikutnya seperti di bidang kesehatan, yakni dengan menanamkan AI pada alat X-ray.

Dengan begitu, AI akan langsung memberikan tanda pada bagian organ tubuh yang dinilai bermasalah di lembar X-ray tersebut. Hal ini akan membantu pekerjaan dokter agar lebih cepat mengetahui bagian mana yang bermasalah.

Ikuti kami di