Melihat Solusi Pemindaian Visual Nodeflux: Deteksi Wajah hingga Pola Pergerakan Air
Perwakilan Nodeflux menjadi pembicara resmi dalam konferensi CeBIT Australia/IST

Startup

Melihat Solusi Pemindaian Visual Nodeflux: Deteksi Wajah hingga Pola Pergerakan Air

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Nodeflux selaku startup di bidang visual yang memanfaatkan artificial intelligence (AI) memiliki beragam fitur teknologi yang mampu membantu pemerintah mewujudkan konsep smart city. Fitur teknologi itu tersemat dalam sebuah solusi bernama VisionAIre.

Melalui solusi ini, Nodeflux menawarkan berbagai kemampuan berdasarkan pemindaian visual seperti:

• Face Recognition: mendeteksi pengenalan wajah
• People Counting: menghitung jumlah massa dalam satu area tertentu
• License Plate Recognition: menangkap nomor plat mobil dari kamera CCTV
• Water Level Detection: mendeteksi pola pergerakan air dalam area tertentu
• Face Demography: mendeteksi gender dan umur berdasarkan karakteristik wajah penduduk

Salah satu contoh penerapan solusi pemindaian visual dari Nodeflux yakni pemanfaatan fitur License Plate Recognition yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Fitur ini tersemat dalam CCTV yang tersebar di enam titik wilayah Jakarta. Fitur License Plate Recognition mampu mendeteksi plat nomor mobil dan menyesuaikan datanya dengan sistem perpajakan guna mencari potensi pendapatan daerah yang selama ini tersembunyi lantaran tidak dibayarkan oleh wajib pajak.

"Adopsi AI telah menawarkan berbagai kemudahan dan efisiensi dalam berbagai sektor kehidupan, terutama dalam membantu pemerintah mengatasi atau memonitor persoalan-persoalan sosial yang terjadi di masyarakat, seperti keamanan, kedisiplinan pengguna jalan, dan peringatan dini bencana alam," ujar Group Product Manager Nodeflux, Richard Dharmadi, dalam siaran pers yang diterima Technosightz.

Adapun dengan kemampuannya di bidang visual AI, Nodeflux menyampaikan bahwa mereka turut mewakili Indonesia sebagai pembicara resmi dalam konferensi CeBIT Australia. Acara ini merupakan salah satu trade show tahunan terbesar dalam hal IT, digitalisasi, dan komunikasi. Tahun ini, acara tersebut diadakan di Sydney pada tanggal 29-31 Oktober 2019. Sebelumnya, Nodeflux juga menjadi pembicara di bidang AI dari Indonesia dalam acara World Summit AI 2019 di Belanda.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-