Bagaimana Cara Dompet Digital DANA Menjaga Data Pengguna agar Tidak Bocor?
Ilustrasi pembayaran menggunakan DANA/IST

Startup

Bagaimana Cara Dompet Digital DANA Menjaga Data Pengguna agar Tidak Bocor?

Syah Rezi Tungga Dewi

TECHNOSIGHTZ.COM - Sebagai platform dompet digital, DANA memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi kartu kredit atau kartu debit dengan aplikasi DANA. Melalui fitur tersebut, pengguna DANA tak perlu melakukan penambahan (top up) saldo seperti beberapa alat pembayaran digital lainnya.

Sebelum tersinkronisasi, tentu pengguna harus memasukkan beberapa data agar bisa melakukan pembayaran seperti nomor kartu, masa berlaku kartu, dan lainnya. Agar data-data penting seperti ini tetap tersimpan rapat, DANA sudah menerapkan beberapa layer proteksi demi kenyamanan pengguna.

"Setiap data kartu kredit yang masuk ke server DANA akan selalu ditokenisasi sehingga akan sulit dienkripsi oleh pihak lain di luar DANA yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, DANA juga tidak menyimpan data konsumen di aplikasi. Jika sewaktu-waktu ponsel konsumen hilang, data tetap aman dan tidak mudah disalahgunakan," ujar CEO DANA, Vincent Iswara, saat ditemui di Capital Place, Senin (28/10/2019).

Meski sudah menerapkan sistem proteksi, DANA tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna meyakinkan pengguna terkait jaminan keamanan tersebut. Salah satu upayanya dengan menggelar program DANA Protection. Program tersebut memberikan jaminan proteksi seratus persen atas semua dana pengguna yang tersimpan di dalam aplikasi DANA.

Pihak DANA menyatakan pengguna tak perlu mengkhawatirkan keamanan dananya yang tersedia di saldo DANA atau yang tersedia di kartu debit maupun kartu kredit yang telah dihubungkan dengan aplikasi DANA.

"DANA menjamin garansi uang kembali jika terjadi kehilangan uang ketika terjadi gangguan atau permasalahan saat transaksi. DANA Protection didukung teknologi keamanan yang canggih. Semua data konsumen yang didaftarkan ke DANA disimpan dalam server yang masih ada di Indonesia sehingga keamanannya terjamin," jelas Vincent.

Ikuti kami di