Termasuk Fitur Vital, Bukalapak Gandeng Qiscus Kembangkan Fitur Chat
Bukalapak dan Qiscus berkolaborasi dalam hal pengembangan fitur chat di platform Bukalapak/IST

News

Termasuk Fitur Vital, Bukalapak Gandeng Qiscus Kembangkan Fitur Chat

YLT

TECHNOSIGHTZ.COM - Pada tanggal 2 Oktober 2019, Qiscus selaku perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi real time communication (RTC) mengumumkan kerja sama dengan Bukalapak dalam rangka pengembangan fitur chat yang mengedepankan aspek skalabilitas dan realibilitas.

Kerja sama ini dilakukan melalui sinergi tim engineering guna menghadirkan fitur chat yang aman dan nyaman kepada pengguna Bukalapak. Menurut CEO & Co-Founder Qiscus, Delta Purna Widyangga, kerja sama ini cukup menantang bagi pihaknya. Salah satu tantangan tersebut yakni bagaimana menerapkan best practice teknologi agar dapat mengoptimalkan inhouse system chat Bukalapak agar tetap beroperasi sebagaimana mestinya meski sedang dilakukan pembaruan sistem.

"Proses optimasi sistem chat di Bukalapak sangat besar dan cukup kompleks, karena meliputi perubahan arsitektur dari fitur chat di aplikasi itu sendiri. Namun di saat yang sama, kami dituntut tidak boleh mengganggu performa aplikasi," ujar Delta.

Dalam kesempatan yang sama, VP Engineering Bukalapak Ibrahim Arief mengatakan pihaknya meyakini bahwa keberadaan fitur chat cukup vital bagi kelancaran transaksi bisnis. Seiring tingginya pertumbuhan bisnis di Bukalapak, keberadaan fitur chat dalam aplikasi memerlukan usaha yang tidak sedikit. Terutama dalam hal teknis seperti pengembangan fitur lanjutan atau optimasi penggunaan server yang berpengaruh pada biaya operasional.

"Dengan menggandeng rekanan yang ahli di bidang chat, kini Bukalapak dapat mengefektifkan kinerja tim teknis. Sehingga kami dapat lebih fokus pada optimasi di bisnis utama Bukalapak. Sebagai hasil kerja sama tim engineering kami dan Qiscus, kami bisa mengefektifkan penggunaan server sebesar empat kali lipat, penggunaan bandwith sebesar dua puluh kali lipat, dan menekan biaya yang kami keluarkan," paparnya.

Ikuti kami di