Astra dan Gojek Uji Coba Penggunaan Motor Listrik di Indonesia
PCX Electric yang diuji coba Gojek dan Astra/IST

Astra dan Gojek Uji Coba Penggunaan Motor Listrik di Indonesia

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Astra dan Gojek kembali berkolaborasi untuk menginisiasi pilot project penggunaan motor listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia melalui aplikasi Gojek, khususnya layanan GoRide, guna mendorong gaya hidup ramah lingkungan (green lifestyle).

Inisiatif ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas motor EV sebagai alternatif layanan transportasi berbasis aplikasi, yang mana hasilnya diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian dan pengembangan EV tahap berikutnya.

"Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari kerja sama antara dua perusahaan nasional, yakni Astra dengan pengalaman di bidang otomotif, khususnya di segmen roda dua, dan Gojek yang merupakan platform teknologi on demand," ujar Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko, dalam siaran pers yang diterima Technosightz, Kamis (25/7/2019).

Chief Operations Officers Gojek Hans Patuwo menambahkan bahwa uji coba tersebut akan dilakukan di Jakarta, dengan melibatkan mitra pengemudi Gojek terpilih guna melayani pelanggan dengan menggunakan Honda PCX Electric yang disediakan oleh Astra.

Hasil dari uji coba yang mengintegrasikan Honda PCX Electric ke dalam ekosistem Gojek, baik pengalaman mitra pengemudi maupun penumpang, akan menjadi masukan untuk menjajaki kemungkinan pengembangan kerjasama ke skala yang lebih luas. Pada intinya, uji coba ini bertujuan mendukung ketersediaan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat dan menghemat biaya operasional serta pemeliharaan.

Ikuti kami di