Bukalapak Bantu Mitra Dapatkan Pinjaman Ultra Mikro untuk Pengembangan Usaha
Kepala BEKRAF, Triawan Munaf (tengah) didampingi Co-Founder & President Bukalapak Fajrin Rasyid (kanan), mengunjungi booth Mitra Bukalapak dalam acara Peluncuran Program Digitalisasi Pembiayaan Ultra

Startup

Bukalapak Bantu Mitra Dapatkan Pinjaman Ultra Mikro untuk Pengembangan Usaha

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM, JAKARTA - Platform marketplace Bukalapak mengumumkan bahwa mereka akan membantu menyalurkan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) kepada Mitra Bukalapak melalui kerja sama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kerja sama ini membidik ratusan ribu mitra Bukalapak yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan fasilitas dan akses permodalan untuk pengembangan usahanya. Pinjaman UMi yang sudah diberikan dapat digunakan oleh Mitra Bukalapak untuk membeli kebutuhan warungnya seperti sembako dan lainnya di aplikasi Bukalapak.

Selain itu, modal tersebut juga dapat digunakan untuk melayani masyarakat yang ingin melakukan pembayaran seperti BPJS, PDAM, PLN dan sebagainya. Kerja sama ini bertujuan agar usaha mikro dan juga Mitra Bukalapak bisa lebih bersaing dengan usaha-usaha besar lainnya.

"Penyaluran pinjaman UMi kepada Mitra Bukalapak akan melalui assessment dan sesuai dengan mekanisme yang berlaku sesuai dengan PMK nomor 95 tahun 2018," ujar Co-Founder & President Bukalapak, Fajrin Rasyid, saat dikonfirmasi Technosightz, Rabu (12/12/2018).

Adapun pembiayaan UMi merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Sumber pendanaan berasal dari APBN, kontribusi pemerintah daerah dan lembaga-lembaga keuangan, baik domestik maupun global.

Bagi Mitra Bukalapak yang telah disetujui sebagai peserta program ini, dana pinjaman akan diberikan melalui sistem deposit Mitra Bukalapak.

Ikuti kami di