Lewat Aplikasi, Kaki Lima Tawarkan Solusi untuk Pengembangan Bisnis PKL
Tampilan aplikasi Kaki Lima/TECHNOSIGHTZ

Startup

Lewat Aplikasi, Kaki Lima Tawarkan Solusi untuk Pengembangan Bisnis PKL

NHM

TECHNOSIGHTZ.COM - Di sela kegiatan Indonesia Finance Summit Expo 2019 pada September lalu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) turut menggelar kompetisi pengembangan layanan berbasis BRIApi yang merupakan platform digital milik bank pelat merah tersebut. Dalam kompetisi tersebut, aplikasi Kaki Lima keluar sebagai juara pertama setelah memaparkan idenya mengenai digitalisasi pedagang kaki lima (PKL).

Aplikasi yang masih berbentuk prototipe ini dikembangkan oleh Rio Febrian, Sarah Ferdina, dan Julfansha. Kepada Technosightz, Rio menjelaskan aplikasi ini membidik para PKL yang berjualan menggunakan gerobak seperti tukang bakso, ketoprak, gado-gado, dan sebagainya. Dengan aplikasi Kaki Lima, diharapkan bisnis PKL tak jalan di tempat dan bisa berkembang pesat.

"Masalahnya saat ini, bisnis pedagang kaki lima cenderung stagnan. Lima tahun, sepuluh tahun jualan, tetap dorong gerobak. Harapannya, dengan terhubung teknologi lewat aplikasi ini, bisa lebih sejahtera," ujar Rio.

Sebagai upaya membantu perkembangan bisnis PKL, aplikasi Kaki Lima menawarkan pembelian bahan baku lewat aplikasi, dan peluang penghasilan tambahan seperti jualan pulsa hingga token listrik. "Gerobak mereka juga bisa menjadi media periklanan bagi brand-brand, sehingga bisnis pedagang kaki lima tak cuma itu-itu saja. Harapannya yang tadinya stagnan, bisa lebih maju," paparnya.

Terkait hubungannya dengan BRI, Rio menjelaskan transaksi pedagang akan terekam dalam aplikasi sehingga bisa membantu mereka mendapatkan akses ke produk perbankan. "Jadi di aplikasi ini bisa dilihat transaksi penjualannya seperti apa, bagaimana cashflow mereka. Sehingga dari catatan transaksi ini, bisa dipercaya bank untuk mendapatkan modal usaha," tuturnya.

Adapun terkait rencana implementasi aplikasi ini, Rio mengakui hal tersebut masih dalam tahap perbincangan lebih lanjut dengan pihak BRI.

Ikuti kami di