Angkasa Pura I Tambah Kecepatan WiFi di Bandara Ngurah Rai
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali/IST

News

Angkasa Pura I Tambah Kecepatan WiFi di Bandara Ngurah Rai

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - PT Angkasa Pura I selaku operator pengelola bandara terus menambah kecepatan WiFi di area bandara menjelang libur Lebaran 2019. Kecepatan WiFi yang ditambah yakni dari 20 Mbps menjadi 50 Mbps, mengingat lonjakan penumpang dibanding hari-hari biasa.

Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I Sardjono Jhony Tjitrokusumo menjelaskan salah satu bandara yang kini tengah dikebut penambahan kecepatan WiFi adalah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"I Gusti Ngurah Rai adalah salah satu bandara terpadat yang kami kelola. Harapannya dengan meningkatkan kualitas layanan internet gratis bagi penumpang, bisa berkontribusi terhadap peningkatan Customer Satisfaction Index (CSI) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai," ujar Sardjono Jhony dalam siaran pers yang diterima Technosightz, Senin (3/6/2019).

Jhony menuturkan, dengan kepadatan 15-25 juta penumpang per tahun, I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu bandara terbaik di dunia. Karena itu, untuk meningkatkan pelayana kepada penumpang, PT Angkasa Pura I berkomitmen meningkatkan pelayanan.

"Itu adalah manifestasi dari 3S+1C atau Safety, Service, Security and Compliance. Salah satu bentuk layanan tersebut adalah akses internet secara gratis yang dikelola oleh Information Communication Technology Department," ujarnya.

Sementara itu, Information Communication Technology Department Head Bandara I Gusti Ngurah Rai, Rika Danakusuma, menyebutkan penambahan kecepatan WiFi itu akan disebar di 366 titik yang tersebar di seluruh area terminal.

"Untuk sementara, peningkatan kecepatan akses WiFi tersebut telah direalisasikan pada 28 titik WiFi di area Terminal Domestik, dari 20 Mbps menjadi 50 Mbps, per tanggal 31 Mei 2019," ujar Rika.

Sebelumnya, WiFi di I Gusti Ngurah Rai memiliki kecepatan 20 Mbps sesuai dengan kontrak. Namun pada praktiknya kecepatan 20 Mbps saat ini dirasa masih kurang, terutama untuk titik-titik WiFi di area padat penumpang seperti di area Waiting Room pada setiap Gate. Pengguna WiFi pada jam puncak sekitar pukul 17.00 WITA mencapai hampir 20 ribu pengguna, dengan traffic data hampir mencapai 60 GB.

"Untuk saat ini peningkatan kecepatan Internet via WiFi masih difokuskan di area Terminal Domestik. Selanjutnya peningkatan ini juga akan dilaksanakan di area Terminal Internasional," jelas Rika.

Ikuti kami di