Ilustrasi penggunaan SAFR dari RealNetworks/sumber gambar: The Seattle Times

Teknologi

Mengenal Platform SAFR dari RealNetworks untuk Mengidentifikasi Wajah Pengunjung

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM, JAKARTA - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, RealNetworks Inc, belum lama ini mengumumkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Pasifik yang menjadi target pemasaran produk mereka yang bernama SAFR (Secure, Accurate Facial Recognition).

Pada dasarnya, SAFR merupakan platform yang berfungsi untuk mengenali dan mendeteksi wajah pengunjung yang masuk ke sebuah tempat. Teknologi kecerdasan buatan pada SAFR diintegrasikan dengan Internet Protocol (IP) kamera dan perangkat keras pendukungnya untuk mengenali wajah-wajah tersebut.

Dalam situs resminya, SAFR diklaim mampu mendeteksi dan mengenali jutaan wajah secara real time. Solusi ini bisa digunakan oleh pengelola gedung, pusat perbelanjaan, sekolah, tempat pemukiman, hingga untuk mengenali pengunjung yang telah membeli tiket di stadion atau acara konser. Dengan solusi tersebut, pemilik gedung, penyelenggara acara, maupun warga sebuah pemukiman bisa membatasi akses masuk bagi orang-orang yang tak dikenal atau tidak terdaftar.

Senior Director PT RealNetworks Indonesia, Ria Tanusendjaja menjelaskan bahwa perangkat SAFR bisa dioperasikan menggunakan iOS, Linux, dan Windows. Mulai Januari 2019, SAFR juga bisa dioperasikan menggunakan perangkat berbasis Android. Selain bisa membatasi akses masuk orang-orang tidak dikenal ke dalam gedung perkantoran, hunian, dan area privat lainnya, SAFR juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak kegiatan pemasaran dan penjualan suatu perusahaan.

"Pemilik ritel premium dan restoran misalnya, bisa merekomendasikan kepada customer suatu produk atau makanan yang terakhir kali dipesannya di toko mereka. Hal ini tentu akan meningkatkan relationship dan mendorong mereka untuk menjadi customer loyal," jelas Ria.

Ia menuturkan AFR juga bisa digunakan sebagai alat verifikasi transaksi oleh perusahaan marketplace ketika pelanggannya melakukan pembelian. Solusi ini bisa juga digunakan maskapai penerbangan untuk mempermudah dan mempercepat proses check in para penumpangnya ketika tiba di bandara.

Adapun SAFR merupakan gabungan dari dua fungsi produk RealNetworks sebelumnya yakni RealPlayer dan RealTimes. Di Indonesia, kedua produk ini biasanya menjadi aplikasi pemutar video dan galeri foto di ponsel maupun laptop. "Dua fungsi dari RealPlayer dan RealTimes ini yang kami gabungkan menjadi SAFR yang bisa melakukan Face Detection, Face Identification, Gender Estimation, Age Estimation, sampai Sentiment Estimation," kata Ria.

Ikuti kami di